Logo Bloomberg Technoz

iPhone Jadi Anak Emas, Ini Kontribusi Pendapatannya ke Apple

Redaksi
25 September 2024 09:17

iPhone 16. (Bloomberg)
iPhone 16. (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Penjualan iPhone 16 terbaru sudah dibuka di puluhan negara pada Jumat (20/9/2024) usai diperkenalkan pada 9 September kemarin. Khusus pasar Indonesia sayangnya masih harus menunggu, dengan rekam jejak tahunan kemungkinan smartphone andalan Apple Inc akan resmi dijual paling cepat satu bulan sejak perilisan global.

Menilik catatan perusahaan bahwa iPhone menjadi penjualan perangkat yang paling diandalkan. Kontribusinya mencapai 45,8% persentase dibandingkan lini produk Apple lainnya, berdasarkan laporan fiskal kuartal ketiga, dilansir dari Bloomberg News.

iPhone jadi andalan mengungguli segmen bisnis layanan (28,2%), perangkat elektronik yang dipakai sehari-hari (wearables) dan aksesori (9,4%). Baru kemudian disusul dengan iPad (8,3%) dan Mac (8,2%).

Kontribusi pendapatan Apple berdasarkan segmen produk/layanan, dikutip dari laporan fiskal kuartal ketiga.

Apakah diperkenalkannya iPhone 16 terbaru, dengan perubahan kasat mata tombol Kontrol Kamera dan fitur Apple Intelligence, semakin mendominasi kontribusinya?

Dalam perhitungan Laura Martin, analis Needham, pendapatan iPhone mencapai US$215 miliar (sekitar Rp3.268 triliun) pada tahun fiskal berikutnya, atau lebih dari setengah total yang didapatkan Apple. Perkiraan in memperhitungkan pendapatan tidak langsung saat pengguna membeli iPhone. Banyak orang yang memiliki iPhone namun tidak berniat membeli produk Apple lain.