Logo Bloomberg Technoz

Bank Sentral China Pangkas Suku Bunga 1 Tahun Jadi 2%

News
25 September 2024 08:40

Gedung People's Bank of China (PBOC). (Dok: Bloomberg)
Gedung People's Bank of China (PBOC). (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Bank sentral China menurunkan suku bunga yang dikenakan pada pinjaman kebijakan satu tahun sambil menarik likuiditas bersih melalui fasilitas pinjaman. Pasalnya otoritas moneter bergeser ke kerangka jangka pendek dalam perombakan kerangka kebijakannya. 

People's Bank of China (PBOC) memangkas suku bunga fasilitas pinjaman jangka menengah menjadi 2% dari 2,3%, menurut pernyataan pada Rabu (25/9/2024). PBOC juga menarik 291 miliar yuan bersih (US$41,4 miliar) melalui fasilitas pinjaman jangka menengah (Medium-term Lending Facility/MLF), penyaluran terbesar sejak Desember 2021.

Langkah-langkah ini mengikuti pengumuman Gubernur Pan Gongsheng pada hari sebelumnya untuk penurunan 30 basis poin pada konferensi pers yang jarang terjadi di Beijing, sebagai bagian dari paket stimulus yang luas untuk menghidupkan kembali negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia ini.

Gubernur bank sentral juga mengungkapkan rencana untuk melepaskan 1 triliun yuan likuiditas jangka panjang dengan pengurangan 50 basis poin dari rasio persyaratan cadangan, jumlah uang tunai yang harus disimpan oleh para pemberi pinjaman sebagai cadangan.

PBOC menyalurkan uang tunai melalui pinjaman kebijakan. (Dok: Bloomberg)