Logo Bloomberg Technoz

Industri Ini Disebut Bisa Bantu RI Lepas dari Middle Income Trap

Pramesti Regita Cindy
25 September 2024 09:10

Pembangkit listrik di Kawasan Industri Indonesia Morowali (IMIP) Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, Minggu (9/7/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)
Pembangkit listrik di Kawasan Industri Indonesia Morowali (IMIP) Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, Minggu (9/7/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Ekonom Universitas Paramadina, Wijayanto Samirin, menilai setidaknya masih terdapat beberapa sektor industri yang digadang-gadang mampu mendorong ekonomi Indonesia keluar dari jebakan pendapatan kelas menengah atau middle income trap.

Adapun, sektor-sektor yang dapat membantu hal tersebut terjadi tidak dimungkiri masih mencakup industri berbasis sumber daya alam (SDA), seperti; industri baterai nikel, kendaraan listrik, produk turunan minyak sawit atau curde palm oil (CPO), serta hasil perkebunan lainnya. Sektor perikanan juga dinilai berpotensi besar untuk dikembangkan.

"Industri eksisting seperti garmen dan persepatuan, walau terkesan terseok, sebenarnya masih menyimpan potensi besar," kata Wijayanto, dikutip Rabu (25/9/2024).

Pekerja di pabrik tekstil PT Sri Rejeki Isman Tbk (SRIL) atau Sritex./Bloomberg-Dimas Ardian

Bahkan, menurutnya, jika pemerintah benar-benar serius untuk mendorong RI lepas dari jebakan kelas menengah, industri kreatif juga bisa menjadi salah satu sektor yang layak dipertimbangkan.

"Jika ada keberpihakan yang kuat dari pemerintah, industri kreatif dan pariwisata adalah sektor yang tidak boleh kita lupakan," jelasnya.