Logo Bloomberg Technoz

AS Akan Mentransfer Aset Sitaan

Kepala unit di Departemen Kehakiman AS yang menangani penyitaan aset terkait pelanggar sanksi terhadap Rusia mengatakan program tersebut “memutus dukungan dana dari Kremlin” dan berharap Kongres dapat membantu.

Andrew Adams, Direktur Satuan Kerja KleptoCapture, mengatakan saat wawancara dengan Bloomberg Television bahwa Kongres bisa memberi kewenangan kepada instansinya untuk memproses penyitaan terhadap pelanggaran ekspor.

Departemen Kehakiman saat ini hanya punya kewenangan untuk memproses aset sitaan.

AS Memasok Senjata Baru

Sekretaris Pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre menyatakan paket bantuan terbaru bagi Ukraina termasuk “tambahan amunisi untuk sistem roket HIMARS dan sistem anti kendaraan tempur serta tambahan peluru artileri”.

AS Ingin Mengirim Aset Rusia ke Ukraina

Departemen Kehakiman AS ingin tambahan kewenangan agar bisa memberikan uang hasil penjualan aset orang-orang kaya Rusia yang disita, ungkap Wakil Menteri Kehakiman Lisa Monaco. Saat ini, Departemen Kehakiman hanya punya kewenangan terbatas.

“Sejujurnya kami ingin memperluas kewenangan itu,” tegas Monaco. Menurutnya, ada potensi jutaan dolar AS yang bisa diberikan ke Ukraina dari hasil penyitaan aset.

Pengiriman Minyak Rusia ke India Semakin Murah

Biaya pengiriman minyak dari Rusia ke India turun ke titik terendah sejak awal Maret, menurut catatan Argus Media Ltd. 

Pengiriman 730.000 barel minyak Ural dari Primorsk ke pantai barat India hanya memakan biaya US$ 10,6/barel, menurut Argus. Turun 13% dibandingkan 3 Maret.

Menhan AS Siap Sambut Swedia di NATO

Menteri Pertahan AS Lloyd Austin menyatakan dirinya “sangat mengantisipasi” Swedia akan jadi anggota NATO saat pertemuan tingkat tinggi di Vilnius pada Juli. Austin meminta Turki dan Hungaria untuk segera meratifikasi permintaan keanggotaan Swedia.

Austin menyebut tidak memperkirakan saat Turki akan meratifikasi, tetapi menambahkan “saya yakin negara-negara itu akan mencapai keputusan dan saya yakin bisa dicapai sebelum Juli”.

Zelenskiy Mengunjungi Prajurit

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengunjungi daerah Volyn untuk melakukan inspeksi kepada para prajurit yang berjaga di perbatasan dengan Polandia dan Berarusia. Zelenskiy berterima kasih kepada mereka yang menjaga garis depan.

Setelah itu, Zelenskiy mengunjungi Kota Avdiyvka di daerah Donetsk yang merupakan garis depan pertempuran.

Ekspor Biji-bijian Ukraina Dibuka Lagi

Pengiriman biji-bijian dari Laut Hitam dibuka kembali, setelah sempat berhenti sementara Inspeksi kapal dilakukan kembali usai 2 hari berhenti.

China Meyangkal Mengirim Drone ke Rusia

Kementerian Perdagangan China merilis penyangkalan, dan menyebut laporan yang menyatakan sebaliknya sebagai palsu, menurut keterangan resmi. Beijing menegaskan punya “kontrol ketat” untuk ekspor drone untuk mencegah perangkat tersebut digunakan dalam konflik.

China akan memperkuat kontrol ekspor drone, sebut keterangan resmi, mendesak negara-negara lain untuk ikut serta mencegah pesawat tanpa awak agar tidak digunakan di Ukraina.

Bank of Cyprus Akan Menutup Rekening Nasabah Rusia

Bank of Cyprus Holding Plc akan menutup seluruh rekening milik orang Rusia yang bukan warga negara Uni Eropa. Kebijakan ini akan mempengaruhi sekitar 4.000 nasabah dan “sesuai dengan penundaan keanggotaan Rusia dalam Financial Action Task Force dan status Rusia sebagai yurisdiksi pajak non-kooperatif oleh Uni Eropa,” sebut keterangan resmi perusahaan.

Total simpanan di bank terbesar di Siprus itu adalah EUR 19 juta per 31 Desember. Dari jumlah tersebut, sekitar 3% adalah milik nasabah Rusia atau Belarusia.

China Tingkatkan Impor Jagung dari Ukraina

China, importir jagung terbesar dunia, membeli lebih banyak dari Ukraina. Meski Beijing tengah meningkatkan kerja sama strategis dengan Rusia.

Sekitar 1,5 ton jagung meninggalkan pelabuhan Ukraina menuju China di bawah Black Sea Grain Initiative pada Maret dan April. Sejak awal tahun, China membeli lebih dari 3 juta ton.

Sebagai perbandingan, pengiriman pada September hingga Desember adalah 1,7 juta ton.

(bbn)

No more pages