Logo Bloomberg Technoz

Dia mengatakan bahwa preferensinya untuk pendekatan yang lebih "terukur" ketika bank sentral mulai menurunkan suku bunga mencerminkan beberapa pertimbangan.

"Dalam pandangan saya, memulai siklus penurunan suku bunga dengan pergerakan seperempat poin persentase akan lebih baik untuk memperkuat kekuatan dalam kondisi ekonomi, sementara juga dengan percaya diri mengakui kemajuan menuju tujuan kami," katanya.

Gubernur Fed Jerome Powell menekankan pemangkasan yang lebih besar dirancang untuk mempertahankan kekuatan pasar tenaga kerja, menjulukinya sebagai kalibrasi ulang untuk memastikan bank sentral tidak tertinggal.

Bowman menghargai Powell yang secara langsung menyampaikan dalam konferensi pers kekhawatirannya bahwa langkah besar tersebut dapat secara tidak sengaja menandakan kekhawatiran tentang kondisi ekonomi yang mendasarinya atau membuat para pelaku pasar mengharapkan langkah seperti itu di masa mendatang.

Pasar Tenaga Kerja

Deputi gubernur the Fed ini mengatakan bahwa dia "mengambil lebih sedikit sinyal dari data pasar tenaga kerja baru-baru ini hingga ada tren yang jelas yang mengindikasikan bahwa pertumbuhan belanja dan pasar tenaga kerja telah melemah secara material."

Bowman mengatakan bahwa pertumbuhan upah menunjukkan bahwa pasar tenaga kerja tetap ketat dan bahwa faktor-faktor sementara "kemungkinan" berkontribusi pada kenaikan tingkat pengangguran baru-baru ini.

Meskipun demikian, jika data menunjukkan pelemahan material di pasar kerja, Bowman mengatakan ia "akan mendukung untuk mengambil tindakan dan menyesuaikan kebijakan moneter sesuai kebutuhan dengan mempertimbangkan mandat inflasi kami."

Ia mengatakan inflasi inti, yang menghilangkan kategori makanan dan energi yang mudah menguap, masih "tidak nyaman" di atas target 2% The Fed.

"Dengan bergerak secara terukur menuju sikap kebijakan yang lebih netral, kami akan berada di posisi yang lebih baik untuk mencapai kemajuan lebih lanjut dalam menurunkan inflasi ke target 2% kami, sambil mengamati dengan saksama evolusi kondisi pasar tenaga kerja," katanya.

Proyeksi yang diperbarui menunjukkan bahwa meskipun median pejabat mendukung pemangkasan 50 basis poin dalam dua pertemuan terakhir mereka tahun ini, para pembuat kebijakan terbelah dalam hal langkah ke depan: tujuh dari 19 orang menyetujui hanya 25 basis poin pemotongan tambahan pada tahun 2024 dan dua orang menentang langkah lebih lanjut tahun ini.

Bowman mengatakan bahwa perkiraannya tentang suku bunga kebijakan netral--yang tidak mendorong atau membatasi ekonomi--jauh lebih tinggi daripada sebelum pandemi.

"Dengan perkiraan yang lebih tinggi dari netral, untuk setiap tingkat penurunan suku bunga yang diberikan, kita akan tiba di tujuan lebih cepat," katanya.

(bbn)

No more pages