Logo Bloomberg Technoz

The Fed Harus Terus Awasi Inflasi, Risiko Kenaikan Tetap Ada

News
25 September 2024 06:40

Anggota Dewan Gubernur Federal Reserve (the Fed) Michelle Bowman. (Dok. Bloomberg)
Anggota Dewan Gubernur Federal Reserve (the Fed) Michelle Bowman. (Dok. Bloomberg)

Amara Omeokwe - Bloomberg News

Bloomberg, Deputi Gubernur Federal Reserve Michelle Bowman mengatakan bank sentral harus menurunkan suku bunga dengan laju yang "terukur", dengan alasan bahwa risiko inflasi masih ada dan pasar tenaga kerja belum menunjukkan pelemahan yang signifikan.

"Beralih ke risiko-risiko dalam mencapai mandat ganda kami, saya terus melihat risiko-risiko yang lebih besar terhadap stabilitas harga, terutama ketika pasar tenaga kerja terus berada di dekat estimasi lapangan kerja penuh," ujar Bowman pada Selasa (24/9/2024) di hadapan Asosiasi Bankir Kentucky.

Pernyataan ini menyoroti perbedaan antara Bowman dan para pejabat the Fed yang baru-baru ini menggambarkan risiko-risiko dalam mencapai dua tujuan bank sentral--lapangan kerja yang maksimal dan inflasi yang stabil--yang kurang lebih berimbang atau condong kepada lapangan kerja.

Bowman tidak setuju dengan keputusan bank sentral untuk menurunkan suku bunga sebesar setengah poin persentase minggu lalu--alih-alih mendukung langkah yang lebih kecil--menjadi deputi gubernur Fed pertama yang berbeda pendapat sejak tahun 2005.