Logo Bloomberg Technoz

Keyakinan Konsumen AS Turun Tajam di Tengah Kekhawatiran Ekonomi

News
24 September 2024 21:58

Ilustrasi konsumen AS (Sumber: Bloomberg0
Ilustrasi konsumen AS (Sumber: Bloomberg0

Jarrell Dillard - Bloomberg News

Bloomberg, Keyakinan konsumen di AS secara tak terduga turun pada bulan September, mencatat penurunan terbesar dalam tiga tahun terakhir. Penurunan ini dipicu oleh kekhawatiran terhadap pasar tenaga kerja dan prospek ekonomi secara keseluruhan.

Menurut data yang dirilis pada Selasa (24/09/2024) oleh The Conference Board, indeks sentimen konsumen turun sebesar 6,9 poin menjadi 98,7, yang merupakan penurunan terbesar sejak Agustus 2021. Angka ini juga berada di bawah semua perkiraan dalam survei Bloomberg terhadap para ekonom.

Ekspektasi konsumen untuk kondisi enam bulan ke depan turun menjadi 81,7, sementara penilaian terhadap kondisi saat ini turun menjadi 124,3.

Penurunan ini dipengaruhi oleh melemahnya pasar tenaga kerja dan tingginya biaya hidup, yang terus menekan keyakinan konsumen. Hal ini membuat indeks tetap jauh di bawah level sebelum pandemi. Laporan ini menggarisbawahi kekhawatiran pasar tenaga kerja yang turut memengaruhi keputusan bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) untuk menurunkan suku bunga sebesar 50 basis poin pekan lalu.

Grafik keyakinan konsumen AS. (Sumber: Bloomberg)