Logo Bloomberg Technoz

ESDM Setop Sementara Eksplorasi Panas Bumi pada 13 Wilayah

Dovana Hasiana
24 September 2024 21:00

Lokasi pembangkit listrik panas bumi. (Dok: barito-pacific)
Lokasi pembangkit listrik panas bumi. (Dok: barito-pacific)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan beberapa bulan ini telah menandatangani penghentian sementara eksplorasi panas bumi atau geothermal pada 13 wilayah. 

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Eniya Listiani Dewi mengatakan penghentian sementara tersebut dilakukan atas permintaan industri karena berkaitan masalah lingkungan. 

“Beberapa bulan ini saya menandatangani penghentian sementara eksplorasi geothermal [...] ada 13 lokasi yang kita hentikan karena permintaan industri-nya. Jadi, karena alasan-alasan lingkungan,” ujar Eniya saat ditemui di Jakarta Pusat, Selasa (24/9/2024). 

Sebagai gambaran, Eniya melanjutkan, Kementerian ESDM memberikan waktu 3 tahun kepada pelaku usaha untuk melakukan survei dan eksplorasi. Namun, pelaku usaha bisa mengajukan penghentian sementara agar waktu eksplorasi tidak terbuang. 

Namun, Eniya mengatakan, Kementerian ESDM tidak menyetujui semua permintaan penghentian eksplorasi karena bergantung pada urgensi alasan pengajuan tersebut.