Logo Bloomberg Technoz

China Kutuk Serangan Israel dan Dukung Kedaulatan Lebanon

News
24 September 2024 20:20

Menteri Luar Negeri China Wang Yi. (Dok: Bloomberg)
Menteri Luar Negeri China Wang Yi. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengatakan kepada Menteri Luar Negeri Lebanon Abdallah Bou Habib pada Senin (23/09/2024) bahwa China dengan tegas mendukung Lebanon dalam menjaga kedaulatan dan keamanannya. Dia juga dengan keras mengutuk serangan udara besar-besaran Israel.

Menurut pernyataan dari Kementerian Luar Negeri China, seperti dilaporkan Reuters, Wang dan Habib bertemu di New York di sela-sela pertemuan Sidang Majelis Umum PBB. Wang mengatakan tidak peduli bagaimana situasinya berubah, China akan terus berdiri di "sisi keadilan dan di sisi saudara-saudara Arab, termasuk Lebanon."

"Kami memperhatikan secara saksama perkembangan situasi regional, terutama ledakan peralatan komunikasi baru-baru ini di Lebanon, dan dengan tegas menentang serangan sembarangan terhadap warga sipil," kata Wang, menurut pernyataan tersebut.

Wang menambahkan, China telah bekerja untuk perdamaian di Timur Tengah dan akan terus bekerja sama dengan negara-negara Arab dan komunitas internasional. Melawan kekerasan dengan kekerasan tidak akan menyelesaikan masalah di Timur Tengah tetapi akan menyebabkan bencana kemanusiaan yang lebih besar.

Militer Israel sebelumnya mengatakan telah melancarkan serangan udara terhadap situs-situs Hizbullah di Lebanon pada Senin. Menurut pihak berwenang Lebanon, serangan tersebut telah menewaskan 492 orang dan membuat puluhan ribu orang melarikan diri untuk mencari perlindungan.