Logo Bloomberg Technoz

Polri Bikin Unit Siber di 8 Polda, Ini Daftar Pimpinannya

Redaksi
24 September 2024 17:20

Ilustrasi serangan siber oleh hacker dengan menyusup melalui laptop.	(Dok: Bloomberg)
Ilustrasi serangan siber oleh hacker dengan menyusup melalui laptop. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kepolisian atau Polri membuat unit baru yang diklaim sebagai langkah untuk menangkal semakin maraknya kejahatan siber. Korps Bhayangkara tersebut membangun Direktorat Reserse Siber atau Ditressiber di delapan kepolisian daerah (Polda).

Pembentukan unit baru ini membuat polisi menjadi lebih berfokus pada kejahatan siber. Selama ini, tugas pengawasan dan penanganan kasus siber dikerjakan rangkap oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus). 

“Ada pun pembentukan Ditressiber Polda ini merupakan atensi dan tindak lanjut dari Bapak Kapolri, terkait dengan maraknya kejahatan siber saat ini,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Trunoyudo Wisnu Andiko, Selasa (24/9/2024).

Delapan Polda yang sudah memiliki Ditressiber adalah Polda Metro Jaya, Polda Sumatra Utata, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah, Polda Jawa Timur, Polda Bali, Polda Sulawesi Tengah, dan Polda Papua.

Kepala Polri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo pun sudah mengeluarkan surat telegram rahasia bernomor ST/2100/IX/KEP./2024 tanggal 20 September 2024 yang berisi daftar pimpinan Ditressiber di delapan Polda tersebut;