Logo Bloomberg Technoz

Besok, Jokowi Groundbreaking Proyek Asing Pertama di IKN

Redaksi
24 September 2024 16:50

Para pimpinan lembaga negara untuk mengunjungi beberapa infrastruktur penting di IKN. (Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Para pimpinan lembaga negara untuk mengunjungi beberapa infrastruktur penting di IKN. (Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menggelar rangkaian kegiatan groundbreaking atau peletakan batu pertama sejumlah proyek infrastruktur di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Besok (25/9/2024). 

Groundbreaking tahap ke-8 atau GB8 ini akan berbeda karena salah satu proyek yang akan dimulai pembangunannya berasal dari investasi asing. Perusahaan asal China, Delonix Bravo Investment turut pada sektor mix use IKN. Mereka akan membangun hotel, apartemen, kantor, dan pusat perbelanjaan.

“Dari 8 Groundbreaking selama setahun; sejak GB1 di September 2023 hingga GB8 di September 2024  menunjukkan, bahwa investasi di IKN benar-benar berjalan dan terwujud. Bahkan sudah ada yang beroperasi dan diresmikan," kata Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Badan Otorita IKN, Agung Wicaksono dalam keterangan pers, Selasa (24/9/2024).

"Komitmen Presiden Jokowi untuk menjadikan investasi sebagai pilar dominan pembangunan IKN, telah terwujud pondasinya setahun ini oleh Otorita IKN dengan Investor Pelopor dari dalam negeri maupun luar negeri. Keberlanjutan IKN ke depan oleh Presiden terpilih akan semakin menguatkan keyakinan investor di masa depan.”

Menurut dia, pembangunan IKN menunjukkan progres yang signifikan. Komitmen dari berbagai pihak untuk berinvestasi di Nusantara semakin menguat, terbukti dari antusiasme calon investor yang mengunjungi dan mengirimkan Letter of Intent(LOI) ke Otorita IKN.