Logo Bloomberg Technoz

Thomas Djiwandono: Ekonomi Tumbuh 8% Bukan Mimpi, Tapi Keharusan

Azura Yumna Ramadani Purnama
24 September 2024 15:20

Wamernkeu II Thomas Djiwandono di Kompleks Kemenkeu, Jakarta, Kamis (18/7/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Wamernkeu II Thomas Djiwandono di Kompleks Kemenkeu, Jakarta, Kamis (18/7/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Wakil Menteri Keuangan II Thomas Djiwandono menyatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 8% bukan sebuah mimpi melainkan sebuah keharusan yang perlu dicapai.

Untuk mencapai itu, Thomas menyebut Indonesia perlu memanfaatkan mesin pertumbuhan baru seperti ekonomi digital dan ekonomi hijau untuk dapat meningkatkan tingkat pertumbuhan ekonomi RI.

“Upaya-upaya ini sangat penting bagi Indonesia untuk melepaskan diri dari jebakan negara berpenghasilan menengah. Mencapai pertumbuhan ambisius sebesar 8% bukanlah sebuah mimpi, melainkan sebuah keharusan,” kata Thomas dalam acara ASEAN Economic Development and the Middle-Income Trap di Aula Dhanapala Kemenkeu, Selasa (24/9/2024).

Pada kesempatan itu ia menyatakan terdapat beberapa bidang yang menjadi fokus utama Presiden terpilih Prabowo Subianto yakni pendidikan, kesehatan, pangan, dan ketahanan energi.

Atas dasar itu, ia menyatakan investasi akan memegang peranan penting dalam mendorong fase pembangunan berikutnya. Sebab, Thomas menyatakan anggaran negara akan difokuskan untuk memenuhi kesejahteraan jangka panjang.