Logo Bloomberg Technoz

Konvoi Diplomat RI Kena Serangan Bom di Pakistan, 1 Polisi Tewas

Delia Arnindita Larasati
24 September 2024 15:40

Ilustrasi garis polisi. (Photo By RLTheis via Envato)
Ilustrasi garis polisi. (Photo By RLTheis via Envato)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Rombongan diplomat Indonesia, termasuk Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Islamabad, terkena serangan diduga bom di Islamabad, Pakistan pada Minggu (22/09/2024).

Peristiwa ini terjadi di jalan menuju Malam Jabba, sekitar 300 kilometer dari Islamabad, saat rombongan hendak mengikuti kegiatan Islamabad Chamber of Commerce and Industry (ICCI) di Swat Valley, Provinsi Khyber Pakthunkhwa. Menurut keterangan juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Roy Soemirat, serangan diduga dilakukan menggunakan bom rakitan (improvised explosive device). Akibat insiden ini, seorang polisi dilaporkan meninggal dunia dan tiga lainnya mengalami luka-luka.

Meski terjadi ledakan, KUAI KBRI Islamabad beserta seluruh anggota rombongan diplomatik dilaporkan dalam keadaan aman.

"KUAI KBRI Islamabad dan seluruh rombongan korps diplomatik dalam keadaan aman dan telah kembali ke Islamabad dengan selamat," ujar Roy, dalam keterangan tertulisnya.

Kemlu RI mengimbau masyarakat Indonesia untuk tetap tenang dan tidak mudah terprovokasi oleh informasi yang belum terverifikasi. Pasalnya, banyak beredar gambar-gambar tidak akurat terkait insiden ini di berbagai media internasional.