Logo Bloomberg Technoz

BKPM Klaim 5 Investor Asing Masuk IKN, Nilai Investasi Rp2,5 T

Azura Yumna Ramadani Purnama
24 September 2024 13:30

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) II Rosan Roeslan. (Dok: Mis Fransiska Dewi/Bloomberg Technoz)
Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) II Rosan Roeslan. (Dok: Mis Fransiska Dewi/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Investasi/Kepala BKPM Rosan Roeslani mengklaim terdapat lima investor asing yang berasal dari China, Singapura, Australia, dan Rusia akan berinvestasi dan melakukan groundbreaking di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Rosan menjelaskan, lima investor asing dari empat negara tersebut secara total diperkirakan menanamkan modal di IKN sebesar US$165 juta atau sekitar Rp2,51 triliun (US$1: Rp15.191).

“Kalau yang Sembcorp [perusahaan Singapura] kurang lebih US$65 juta, kalau yang lain lain itu [digabungkan] sekitar US$100 juta, [total keseluruhan] US$165 juta,” ucap Rosan ketika ditemui awak media di Aula Dhanapala Kemenkeu, Selasa (24/9/2024).

Lebih rinci, Rosan menjelaskan perusahaan Rusia akan melakukan groundbreaking pada hari esok, begitu juga dengan perusahaan asal Australia yang bergerak di sektor pendidikan akan memulai pembangunan pertamanya.

Kemudian, perusahaan asal China yang direncanakan akan membangun pusat perbelanjaan atau mall di IKN, Rosan menyatakan perusahaan ini akan memulai pembangunan pertamanya besok hari.