Logo Bloomberg Technoz

Lawan Trump, Capres dari Partai Demokrat Kamala Harris juga akan membeberkan visi ekonominya dalam kampanye terbuka di Pittsburgh, Rabu (25/9/2024). 

Pemilihan tempat pidato Trump di Savannah, Georgia yang merupakan kota pelabuhan di negara bagian yang diperebutkan dengan sengit oleh kedua Capres, bertujuan menggambarkan keinginan mantan presien Trump mengubah ekonomi AS menjadi pengekspor terbesar barang produk domestik. 

Dalam pidatonya nanti, Trump akan membicarakan cara menarik manufaktur asing ke AS melalui tingkat bunga korporasi yang lebih rendah, lebih sedikit aturan, energi murah, pelabuhan yang memadai, dan bahkan lahan milik pemerintah. 

Sebagian dari kebijakan itu, seperti pajak korporasi rendah, harus mendapat persetujuan kongres dan sumber itu tidak merinci lahan milik pemerintah federal mana yang akan dialihkan untuk perusahaan asing itu. 

Jika perusahaan-perusahaan internasional itu menolak merelokasi pabrik mereka ke AS, mereka akan dikenai tarif impor. 

Ini adalah upaya terbaru Trump untuk menjelaskan kebijakan tarif itu akan berhasil. Kebijakan itu nantinya mengatur negara-negara seperti China akan dikenai tarif 60%-100%. Uni Eropa pun tidak akan lolos dari kebijakan tafif Trump ini. 

Institut Peterson untuk Ekonomi Internasional memperkirakan bahwa 10% tarif dari seluruh barang impor--ditambah 60% untuk barang dari China bisa menambah pemasukan negara sebesar US$225 miliar per tahun, sebelum negara-negara itu menerapkan aksi balasan. 

Namun, analisis yang dibuat oleh Model Anggaran Penn Wharton menyebutkan kebijakan pajak dan pengeluaran yang dijanjikan oleh Trump sejauh ini akan menambah defisit anggaran federal antara US$5,2 triliun dan US$6,9 triliun dalam satu dekade ke depan. 

Trump sempat mengungkapkan sebagian kebijakan penghukuman yang diusulkannya itu pada Senin (24/9/2024) dengan mengatakan akan mengenakan tarif tinggi pada pembuat mesin Deere & Co jika memindahkan pabriknya ke Meksiko. 

"Saya memberi tahu John Deere sekarang, jika Anda melakukan itu, kami akan mengenakan tarif 200% pada semua produk yang dijual di Amerika Serikat," kata Tump dalam acara pedagang dan petani AS.

Awal tahun ini Deere mengatakan akan memutus hubungan kerja (PHK) ratusan pekerja di AS meski perusahaan ini baru membeli tanah untuk memindahkan sebagian pabriknya ke Meksiko. 

Namun, Harris menyebut usul tarif Trump itu sebagai pajak konsumen AS, dan penentang usul tersebut mempertanyakan klaim mantan presiden itu bahwa hukuman tarif itu akan menutup usul pemotongan pajak korporasi dan pajak pendapatan. 

Trump akan mengatakan bahwa jika menang Pilpres, pemerintahnya akan mengambil lapangan kerja dan pabrik dari negara lain dan menyumbang pemasukan triliunan dolar ke AS. 

Jajak pendapat memperlihatkan bahwa pemilih lebih mendukung kebijakan ekonomi Trump, bahkan ketika Harris membuat terobosan dalam beberapa minggu terakhir. 

Para penasehat mantan presiden ini ingin memusatkan perhatian pada topik ekonomi dan imigrasi, dua sektor yang dianggap menjadi kelemahan besar Harris.

(bbn)

No more pages