Logo Bloomberg Technoz

MPR Pulihkan Nama Gus Dur-Soeharto, Ajak Keluarga Duduk Bareng

Mis Fransiska Dewi
24 September 2024 13:50

Abdurrahman Wahid Gus Dur (nu.or.id)
Abdurrahman Wahid Gus Dur (nu.or.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet mengungkapkan MPR akan mengundang keluarga Presiden Ke-2 Soeharto dan Presiden Ke-4 Abdurrahman Wahid alias Gus Dur untuk menuntaskan masalah politik di masa lalu.

Menurut Bamsoet, pertemuan itu akan dilakukan  sebelum MPR mengakhiri masa jabatan untuk periode 2019-2024. Menurut rencana, pertemuan itu akan dilakukan pada 28-29 September 2024.

”Setelah kami mengundang keluarga Bung Karno dengan luar biasa kemarin, seluruh rakyat terharu dalam susana yang sangat hikmat,” kata Bamsoet dalam keterangannya, dikutip Selasa (24/9/2024). 

Langkah MPR, kata Bamsoet, dilakukan untuk menindaklanjuti permohonan Fraksi Partai Golkar untuk mengkaji kembali Pasal 4 Ketetapan (TAP) MPR Nomor XI/MPR/1998 tentang Penyelenggara yang Bersih, Bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme.

Pasal tersebut berbunyi upaya pemberantasan pemberantasan korupsi, kolusi, dan nepotisme harus dilakukan kepada semua pihak, termasuk secara eksplisit menyebutkan Soeharto.