Logo Bloomberg Technoz

Usai Resmikan Smelter, Jokowi Mendarat Perdana di Bandara IKN

Pramesti Regita Cindy
24 September 2024 13:00

Presiden Joko Widodo. (Bloomberg)
Presiden Joko Widodo. (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendarat perdana di bandara Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Selasa (24/9/2024) dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan RJ85 dari Pontianak, Kalimantan Barat menuju Bandara IKN.

Kedatangan Jokowi di IKN dilakukan usai meresmikan Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) milik PT Borneo Alumina Indonesia di Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono pada kesempatan sebelumnya telah mengatakan bahwa bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) akan diuji coba dengan tes pendaratan pesawat RJ-85 sebelum digunakan Jokowi beraktivitas.

Sehingga, setelah tes pendaratan pesawat oleh RJ-85 selesai dilakukan, Jokowi sudah bisa beraktivitas kunjungan ke luar kota dari bandara IKN menggunakan Pesawat Kepresidenan negara.

Bahkan jauh sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menuturkan bahwa pihaknya telah melakukan proses kalibrasi bandara IKN, sebelum siap dioperasikan, terlebih menyusul rencana Presiden Joko Widodo untuk berkantor di IKN.