Logo Bloomberg Technoz

Info Mudik

Menteri ESDM: Stok BBM Aman Hingga 66 Hari ke Depan

Rezha Hadyan
20 April 2023 11:30

Motoris Pertamina Delivery Service atau layanan antar BBM untuk konsumen Pertamina. (Dok Pertamina)
Motoris Pertamina Delivery Service atau layanan antar BBM untuk konsumen Pertamina. (Dok Pertamina)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan ketersediaan stok bahan bakar minyak (BBM) nasional selama masa arus mudik dan balik Lebaran 2023 aman.

Menteri ESDM Arifin Tasrif menyebut stok BBM nasional dipastikan aman terutama  puncak arus mudik yang di prediksi terjadi pada 19 - 21 April 2023. Demikian halnya saat puncak arus balik yang diprediksi akan terjadi sebanyak dua kali, pada 24 - 26 April 2023 dan 29 April - 1 Mei 2023.

“Hari ini memasuki puncak arus mudik dan stok BBM dipastikan aman dan lancar di Jawa Bagian Tengah dan insyaAllah siap [stok BBM],” demikian disampaikan Arifin saat melakukan peninjauan di beberapa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Semarang, Rabu (19/4/2023), mengutip keterangan resmi Kementerian ESDM, Kamis (20/4/2023).

Arifin mengungkapkan ketahanan stok BBM nasional saat ini berada di kisaran 15-66 hari atau dalam kondisi aman.

Adapun, untuk mengatasi persoalan distribusi yang berpotensi mengalami gangguan akibat kepadatan lalu lintas, Kementerian ESDM melalui Satuan Tugas Ramadan dan Idulfitri (Satgas RAFI) menyiapkan sejumlah fasilitas pendukung tambahan. Salah satunya dengan menyiapkan 12 SPBU modular atau Pertashop di sepanjang jalur tol Jawa Bagian Tengah.