Logo Bloomberg Technoz

Kembali gagalnya saham BREN masuk indeks FTSE yang seharusnya jatuh pada 23 September kemarin adalah, karena berdasarkan kajian ulang FTSE Russel, jumlah saham beredar BREN masih terkonsentrasi pada empat pemegang saham, termasuk pengendali dan asosiasinya.

Konsentrasi peredaran saham itu, menurut FTSE, bahkan mencapai 97% dari total saham yang diterbitkan.

Sentimen itu membuat saham BREN anjlok hingga mengalami auto reject bawah (ARB) dua hari berturut-turut. Selama dua hari ini juga, IHSG terbebani saham BREN hingga gagal menyentuh level 8.000.

BREN Protes

Manajemen emiten milik Prajogo Pangestu tersebut pun menyurati FTSE Russell, buntut polemik tersebut. manajemen BREN meminta FTSE untuk mencabut dan segera memberikan klarifikasi dan peninjauan ulang pengumuman tersebut. FTSE dinilai telah memberikan "informasi yang salah mengenai pencantuman BREN dalam Indeks FTSE."

"Kami meminta FTSE Russell untuk mencabut pernyataan tersebut dan mengeluarkan koreksi formal sesegera mungkin untuk memperbaiki situasi," tulis catatan surat elekronik atas nama Randika Pratama, bagian dari Departemen Hukum dan Sekretaris Perusahaan BREN.

Sumber yang dihubungi Bloomberg Technoz, yang mengetahui masalah tersebut tetapi tidak ingin disebutkan namanya karena informasi masih bersifat pribadi, membenarkan keabsahan surat tersebut. Sementara, manajemen BREN masih belum berkomentar.

Secara terpisah, Direktur & Corporate Secretary BREN Merly menjelaskan, pihaknya tidak memiliki kewenangan apa pun yang dapat mempengaruhi keputusan yang diterbitkan FTSE.

Namun, ia memastikan jika BREN telah memenuhi ketentuan free float yang juga berlaku di Bursa Efek Indoensia (BEI).

"Pada saat IPO, komposisi kepemilikan saham oleh empat pemegang saham tersebut adalah 97%, dan sampai hari ini telah terjadi perubahan," ujar Merly.

Kemudian, berdasarkan data harian pemegang saham per 19 September 2024, , jumlah saham yang memenuhi persyaratan free float berdasarkan ketentuan Bursa adalah sebesar 15.601.235.234 saham, atau 11,66%. 

Jumlah itu tidak mengalami perubahan yang signifikan dibandingkan dengan persentase free float berdasarkan prospektus IPO yang menyebutkan bahwa jumlah saham free float adalah sebanyak 15,69 miliar saham atau 11,73%.

"Kami akan terus memantau kepatuhan terhadap aturan free float yang ditetapkan oleh Bursa."

(ibn/dhf)

No more pages