Logo Bloomberg Technoz

Kebut Proyek Jelang HUT RI, Belanja IKN Bengkak 68% Jadi Rp18 T

Azura Yumna Ramadani Purnama
24 September 2024 10:00

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang pertama kali digelar di Istana Negara, IKN. (Dok: Setkab)
Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang pertama kali digelar di Istana Negara, IKN. (Dok: Setkab)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melaporkan realisasi anggaran Ibu Kota Nusantara (IKN) per Agustus 2024 sebesar Rp18,9 triliun atau setara 43,1% dari pagu anggaran Rp44 triliun. Pemerintah kebut pembangunan infrastruktur pada bulan HUT kemerdekaan RI hingga anggarannya bengkak 68,75% dibanding realisasi bulan sebelumnya sebesar Rp11,2 triliun.

Wakil Menteri Keuangan I Suahasil Nazara menyatakan realisasi belanja IKN diperkirakan akan terus meningkat secara pesat pada akhir tahun karena pembangunan infrastruktur yang telah selesai dan serah terima atas bangunan yang dibangun telah dilakukan.

“Ini kita memantau terus karena pekerjaan jalan terus, pekerjaan fisik, infrastruktur, non infrastruktur berjalan terus. Nanti kalau pembangunan infrastruktur telah selesai maka serah terima selesai, serapan anggaran akan meningkat kemungkinan akhir tahun,” ujar Suahasil dalam konferensi pers APBNKita, Senin (23/9/2024).

Suahasil menjelaskan realisasi anggaran IKN pada klaster infrastruktur per Agustus 2024 sebesar Rp16,2 triliun dari pagu sebesar Rp40,7 triliun.

Pembangunan infrastruktur dimanfaatkan untuk pembangunan gedung di kawasan Istana Negara, kawasan Kementerian Koordinator (Kemenko), dan Kementerian lain, serta gedung Otorita IKN (OIKN).