Logo Bloomberg Technoz

Selanjutnya, realisasi belanja pegawai tercatat sebesar Rp197,8 triliun dan melonjak 14,4% (yoy). Kenaikan belanja pegawai, kata Suahasil, dipengaruhi pembayaran THR dan gaji ke-13 ASN/TNI/Polri serta kenaikan gaji ASN/TNI/Polri.

Sementara belanja barang, realisasi hingga Agustus 2024 tercatat sebesar Rp256,7 triliun. Besaran ini tercatat tumbuh 21,4% (yoy), jika dibandingkan tahun lalu yang sebesar Rp211,4 triliun.

“Ini baik karena belanja barang berarti uangnya dipakai membeli barang-barang di perekonomian kita, maka kita yakin ada multipliernya. Tadi belanja pegawai multipliernya melalui konsumsi masyarakat,” terangnya.

Pemanfaatan belanja barang antara lain digunakan untuk: Kemenhan yakni pengelolaan barang milik negara (BMN) tiga matra, pengadaan harwat alutsista dan non alutsista, dan pelayanaan kesehatan, KPU untuk kebutuhan atau penunjang pemilu.

Kementerian PUPR untuk pemeliharaan sarana prasarana, pembangunan jalan dan infrastruktur lainnya, hingga penanggulangan darurat akibat bencana, serta Kementerian Agama (Kemenag) yang dimanfaatkan untuk pembayaran BOS dan peningkatan mutu serta relevansi pendidikan agama.

(azr/lav)

No more pages