Logo Bloomberg Technoz

Pejabat Fed: Pangkas FFR Besar-besaran Perkuat Pasar Tenaga Kerja

News
24 September 2024 06:00

Presiden Federal Reserve Bank Atlanta Raphael Bostic (Sumber: Bloomberg)
Presiden Federal Reserve Bank Atlanta Raphael Bostic (Sumber: Bloomberg)

Jonnelle Marte - Bloomberg News

Bloomberg, Gubernur Federal Reserve Bank of Atlanta Raphael Bostic mengatakan memulai siklus pemangkasan bank sentral dengan langkah besar akan membantu membawa suku bunga lebih dekat ke tingkat netral karena risiko antara inflasi dan ketenagakerjaan menjadi lebih seimbang.

Namun, para pejabat seharusnya tidak berkomitmen untuk melakukan langkah besar mengingat ketidakpastian mengenai di mana yang disebut suku bunga netral--The Fed tidak menstimulasi atau memperlambat ekonomi--dan karena kekhawatiran bahwa inflasi dapat kembali. 

"Kekhawatiran saya yang masih ada mengenai inflasi mungkin telah membuat saya memilih untuk melakukan langkah pertama yang relatif kecil pada minggu lalu--misalnya, 25 basis poin. Namun, langkah seperti itu akan meningkatkan ketidakpastian tentang lintasan pasar tenaga kerja," kata Bostic pada Senin (23/9/2024) dalam pidato yang dipersiapkan untuk acara virtual yang diselenggarakan Pusat Ekonomi dan Keuangan Eropa.

Komentar Bostic muncul setelah para pejabat The Fed menurunkan suku bunga minggu lalu sebesar setengah poin, memulai siklus pemangkasan suku bunga dengan langkah yang lebih besar daripada yang diperkirakan sebagian besar ekonom.