Logo Bloomberg Technoz

Komentar Gubernur Fed Minneapolis yang merinci pandangannya tentang penurunan suku bunga lebih lanjut mengikuti sebuah esai yang diterbitkan pada Senin sebelumnya, di mana Kashkari mengatakan bahwa dia mendukung pemangkasan suku bunga besar-besaran oleh The Fed minggu lalu.

Inflasi telah mendingin secara signifikan dan mendekati target 2% Fed. Pada saat yang sama, pasar tenaga kerja mulai menunjukkan tanda-tanda pelemahan.

"Keseimbangan risiko telah bergeser dari inflasi yang lebih tinggi dan ke arah risiko pelemahan lebih lanjut dari pasar tenaga kerja, yang menjamin tingkat suku bunga federal yang lebih rendah," tulis Kashkari dalam esai tersebut.

Komentarnya muncul setelah para pembuat kebijakan the Fed minggu lalu memutuskan untuk memangkas suku bunga sebesar setengah poin. Keputusan tersebut menjadi awal yang agresif dari pergeseran mereka dari memerangi inflasi dan menuju ke arah penguatan pasar tenaga kerja.

Perkiraan median para pejabat The Fed yang juga dirilis minggu lalu adalah untuk pemangkasan 50 basis poin lagi dalam dua pertemuan yang tersisa tahun ini.

Bagan dalam esai yang diterbitkan pada Senin menguraikan proyeksi tahunan Kashkari. Ia memperkirakan suku bunga federal fund sebesar 4,4% pada akhir tahun ini, demikian grafik tersebut menunjukkan.

Dia memprediksi suku bunga turun lebih lanjut menjadi 3,4% pada akhir 2025 dan menjadi 2,9% pada akhir 2026--keduanya sejalan dengan perkiraan median para pembuat kebijakan Fed pada September.

Meskipun bukan merupakan pemilih di Komite Pasar Terbuka Federal tahun ini, Kashkari berpartisipasi dalam pertimbangan kebijakan moneter.

Jalan ke Depan

Pada 20 September, Deputi Gubernur The Fed Christopher Waller mengatakan bahwa ia tergerak untuk mendukung pemangkasan suku bunga sebesar setengah poin karena data inflasi yang secara tak terduga menguntungkan dalam beberapa minggu terakhir.

Hal ini berbeda dengan Deputi Gubernur Michelle Bowman, yang mengatakan pada Jumat (20/9/2024) bahwa ia memberikan suara menentang keputusan tersebut karena ia masih mengkhawatirkan inflasi yang berada di atas target. Bowman menjadi deputi gubernur Fed pertama yang menentang kenaikan suku bunga sejak tahun 2005.

Kashkari mengatakan bahwa meskipun terdapat ketidakpastian mengenai kekuatan ekonomi AS yang mendasarinya, pertumbuhan dan belanja konsumen tetap kuat.

Ia juga mengatakan bahwa tingkat suku bunga netral, di mana kebijakan the Fed tidak membebani atau menstimulasi perekonomian, kemungkinan besar telah meningkat.

"Semakin lama ketahanan ekonomi ini berlanjut, semakin banyak sinyal yang saya tangkap bahwa kenaikan sementara suku bunga netral mungkin sebenarnya lebih bersifat struktural," tulis Kashkari.

Dia memperkirakan suku bunga The Fed jangka panjang sekitar 2,9%, naik dari 2,5% yang dia perkirakan pada Maret. 

Perkiraan median di antara semua pejabat The Fed untuk suku bunga ini juga meningkat, menjadi 2,9% pada pertemuan minggu lalu dari 2,5% setahun yang lalu. 

Kashkari telah menerbitkan serangkaian esai sejak tahun 2022, ketika The Fed mulai mengetatkan kebijakan secara agresif untuk menurunkan inflasi.

Dalam tulisan terakhirnya, yang ditulis pada Mei, Kashkari mengatakan bahwa para pembuat kebijakan kemungkinan akan mempertahankan suku bunga di tempatnya "untuk jangka waktu yang lama" sampai mereka yakin inflasi berada di jalur yang sesuai dengan target mereka.

Gubernur The Fed Atlanta Raphael Bostic juga mengatakan pada Senin (23/9/2024) bahwa memulai siklus pemangkasan suku bunga bank sentral dengan langkah besar akan membantu membawa suku bunga lebih dekat ke tingkat netral karena risiko antara inflasi dan ketenagakerjaan menjadi lebih seimbang.

Gubernur The Fed Chicago Austan Goolsbee mengatakan pada Senin bahwa bank sentral perlu menurunkan suku bunga "secara signifikan" untuk melindungi pasar tenaga kerja AS.

(bbn)

No more pages