Logo Bloomberg Technoz

Survei HSBC: Aktivitas Ekonomi India Melambat pada September

News
23 September 2024 20:30

Seorang wanita berbelanja di kios sayur saat suhu tinggi di New Delhi, India, Sabtu (18/5/204). (Anindito Mukherjee/Bloomberg)
Seorang wanita berbelanja di kios sayur saat suhu tinggi di New Delhi, India, Sabtu (18/5/204). (Anindito Mukherjee/Bloomberg)

Preeti Soni - Bloomberg News

Bloomberg, Pada bulan September, aktivitas ekonomi India melambat ke tingkat terlemah tahun ini, menurut survei kilat yang dilakukan oleh HSBC Holdings Plc.

Indeks manajer pembelian (Purchasing Managers’ Index/PMI) manufaktur turun menjadi 56,7 dari 57,5 pada Agustus, sementara PMI jasa juga mengalami penurunan menjadi 58,9 dari 60,9 bulan sebelumnya. PMI komposit menyusut menjadi 59,3 dari 60,7.

Survei ini, yang mengindikasikan keyakinan para pelaku bisnis terhadap kondisi ekonomi yang didasarkan pada survei awal. Data tersebut kemungkinan dapat direvisi saat PMI final dirilis bulan depan. Angka di atas 50 menunjukkan ekspansi, sementara di bawah 50 menunjukkan kontraksi dalam aktivitas ekonomi.

"Laju peningkatan biaya produksi melambat di kedua sektor, dengan produsen mengalami perlambatan yang lebih besar, yang mengindikasikan tekanan pada margin mereka," kata Pranjul Bhandari, kepala ekonom India di HSBC.

Grafik aktivitas ekonomi India. (Sumber: Bloomberg)