Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Resmikan Produksi Smelter Freeport, Sebut RI Untung Rp80 T

Dovana Hasiana
23 September 2024 17:40

Peresmikan produksi Smelter PT. Freeport Indonesia di Gresik, Senin (23/9/2024). (Tangkapan Layar Youtube Setpres)
Peresmikan produksi Smelter PT. Freeport Indonesia di Gresik, Senin (23/9/2024). (Tangkapan Layar Youtube Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan peresmian produksi dari smelter katoda tembaga milik PT Freeport Indonesia (PTFI) di Manyar, Gresik, Jawa Timur, pada Senin (23/9/2024). 

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi memproyeksikan penerimaan negara berpotensi mencapai Rp80 triliun usai Freeport menggelontorkan investasi sebesar Rp56 triliun untuk pembangunan smelter tersebut.

“Investasi Rp56 triliun, hitung-hitungan saya penerimaan negara masuk kira-kira Rp80 triliun dari PTFI, baik berupa dividen, royalti, pajak penghasilan [PPh] badan, PPh karyawan, pajak untuk daerah, bea keluar, pajak ekspor,” ujar Jokowi dalam agenda peresmian produksi smelter PTFI yang disiarkan secara virtual, Senin (23/9/2024).

Selain itu, Jokowi mengatakan industri smelter besar milik Freeport juga bakal melibatkan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) hingga subkontraktor di sekitar Gresik, Jawa Timur. Jokowi berharap, smelter tersebut bisa menciptakan industri turunan tembaga baru di sekitarnya. 

Presiden Jokowi meresmikan produksi Smelter PT. Freeport Indonesia di Gresik, Senin (23/9/2024). (Tangkapan Layar Youtube Setpres)

“Sudah ada yang mulai untuk produksi copper foil, saya kita nanti diikuti pabrik kabel untuk masuk ke negara kita. Termasuk selenium yang dihasilkan smelter tembaga ini, sehingga bisa diproduksi semikonduktor,” ujarnya.