Logo Bloomberg Technoz

AS dan India Jalin Kerja Sama Bangun Fasilitas Semikonduktor

News
23 September 2024 17:10

Presiden Narendra Modi menyambut Presiden AS Joe Biden di KTT G20. (Dok: Bloomberg)
Presiden Narendra Modi menyambut Presiden AS Joe Biden di KTT G20. (Dok: Bloomberg)

Swati Gupta - Bloomberg News

Bloomberg, Amerika Serikat (AS) dan India telah mencapai kesepakatan untuk bekerja sama dalam pembangunan pabrik fabrikasi semikonduktor di India. Hal ini memberikan dorongan signifikan bagi upaya Perdana Menteri Narendra Modi untuk memperkuat sektor manufaktur di negara tersebut.

Menurut pernyataan Gedung Putih yang dirilis setelah pertemuan antara Presiden AS Joe Biden dan Modi di Delaware pada Sabtu (21/09/2024), pabrik yang direncanakan ini akan memproduksi semikonduktor berbasis inframerah, gallium nitride, dan silikon-karbida. Pendirian fasilitas ini akan didukung oleh Misi Semikonduktor India serta kemitraan teknologi strategis antara Bharat Semi, 3rdiTech Inc, dan Angkatan Luar Angkasa AS.

Posisi geopolitik strategis India di Asia telah memberikan perhatian baru terhadap potensi negara ini dalam sektor teknologi. Dalam dekade terakhir, Modi berulang kali menyatakan tekadnya untuk menjadikan India sebagai alternatif manufaktur bagi China. Negara ini telah mulai menarik sebagian produksi dari perusahaan besar seperti Apple Inc dan Samsung Electronics Co.

Selain itu, kedua negara juga mengumumkan inisiatif untuk mendanai proyek-proyek senilai sekitar US$1 miliar melalui Bank Internasional untuk Rekonstruksi dan Pembangunan. Dana tersebut akan digunakan untuk "mengkatalisasi pembangunan rantai pasokan energi bersih domestik India."