Logo Bloomberg Technoz

Berdasarkan data International Energy Agency (IEA), total pasokan batu bara Iran adalah 57.760 terajoules (TJ) pada 2021. Tren pasokan tersebut mengalami penurunan 5% pada periode 2000—2021. Secara global, Iran menempati posisi ke-58 sebagai negara dengan pasokan batu bara terbesar di dunia.

Di sisi lain, total produksi batu bara Iran sebesar 46.240 TJ pada 2021, di mana 92% merupakan jenis batu bara kokas atau metalurgi (coking coal).

Harga batu bara naik pada perdagangan kemarin. Sepanjang minggu ini, harga si batu hitam pun positif. Pada Jumat (20/9/2024), harga batu bara di pasar ICE Newcastle untuk kontrak pengiriman bulan ini dihargai US$ 139,5/ton. Naik 0,36% dibandingkan dengan hari sebelumnya.

Pelajaran bagi RI

Lebih lanjut, Bisman mengatakan, ledakan tambang batu bara di Iran tersebut tidak berdampak secara langsung bagi Indonesia.

Namun, peristiwa ledakan tersebut perlu menjadi catatan penting dan peringatan agar tidak terjadi di Indonesia, terutama untuk lebih melakukan pengawasan terhadap aspek keselamatan dan keamanan operasi pertambangan.

Sedikitnya 30 pekerja kehilangan nyawa mereka dalam sebuah ledakan di sebuah tambang batu bara di kota Tabas, Iran timur tengah, Sabtu (21/9/2024) malam, televisi pemerintah melaporkan.

Ledakan tersebut diyakini dipicu oleh kebocoran gas dan operasi penyelamatan sedang dilakukan untuk menyelamatkan sedikitnya 24 penambang yang masih hilang dalam insiden tersebut.

(dov/wdh)

No more pages