Logo Bloomberg Technoz

Angkatan Siber Sebagai Matra ke-4 Terwujud Saat Pemerintahan Baru

Redaksi
23 September 2024 16:25

Tentara berjaga. (Bloomberg)
Tentara berjaga. (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Hadi Tjahjanto memastikan pemerintahan yang baru bakal menghadirkan matra baru pertahanan, yaitu Angkatan Siber.

“Sudah, Pak Presiden sudah memerintahkan untuk membentuk matra keempat, termasuk presiden terpilih, concern dengan matra angkatan keempat,” ujar Hadi usai rapat bersama Komisi I DPR di Senayan, membahas kasus peretasan pusat data nasional pada bulan Juni silam.

Hadi menambahkan bahwa matra ke-4 angkatan siber, selain Angkatan Darat, Laut, Udara (AD/AL/AD), akan berfungsi sebagai pasukan yang dapat menangkal serangan siber dari luar. 

“Dalam pertempuran modern saat ini, center of gravity kita sekarng adalah perang siber, karena perang siber ini memerlukan bagaiaman kita menghadapi perang proxy, ke perang asimetris, kemudian ada lagi perang-perang propaganda,” jelas Hadi.

Angkatan Siber amat diperlukan untuk mengantisipasi serangan dari musuh negara. Nantinya angkatan siber secara harian melakukan patroli dan bekerja memitigasi pola-pola serangan di ranah digital.