Logo Bloomberg Technoz

Bursa Eropa Lesu Terdorong Commerzbank & Ketidakpastian Politik

News
23 September 2024 15:40

Bursa Eropa (Dok. Bloomberg)
Bursa Eropa (Dok. Bloomberg)

Sagarika Jaisinghani - Bloomberg News

Bloomberg, Bursa saham Eropa bergerak dalam kisaran sempit pada Senin (23/09/2024), setelah mengalami penurunan dari rekor tertingginya bulan lalu. Commerzbank AG jatuh setelah pemerintah Jerman mengumumkan tidak akan menjual lebih banyak saham di bank tersebut.

Indeks Stoxx Europe 600 hampir tidak berubah pada pukul 08:10 pagi waktu London, dengan hanya terpaut sekitar 2% dari puncaknya di bulan Agustus. Sektor telekomunikasi dan makanan & minuman mencatatkan kinerja terbaik, sementara saham-saham produk konsumen menjadi yang paling tertinggal.

Di Prancis, indeks CAC 40 mengalami sedikit penurunan, di tengah ketidakpastian politik yang masih berlanjut. Pembentukan pemerintah baru di bawah Presiden Emmanuel Macron memicu reaksi keras dari berbagai kalangan politik, meningkatkan risiko ketidakstabilan yang dapat memperburuk prospek keuangan publik negara tersebut.

Pada pergerakan saham individual, Commerzbank turun hingga 6,2% setelah pemerintah Jerman memutuskan untuk tidak menjual sahamnya di bank tersebut. Langkah ini menegaskan adanya penolakan di Berlin terhadap potensi pengambilalihan oleh bank saingan dari Italia, UniCredit SpA.

Pergerakan bursa saham Eropa. (Sumber: Bloomberg)