Logo Bloomberg Technoz

Ada Masalah Baru Saat Wamen Putuskan Bangun Ulang PDNS 2 Surabaya

Muhammad Fikri
23 September 2024 14:46

Ilustsrasi Pusat Data. (Bloomberg)
Ilustsrasi Pusat Data. (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) putuskan untuk kembali membangun ulang sistem Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 Surabaya usai mengalami serangan ransomware beberapa waktu lalu. Pembangunan ulang sistem tersebut dikabarkan akan rampung pada akhir September 2024. 

Walaupun sudah diputuskan kembali membangun PDNS 2 Surabaya pasca dilumpuhkan Ransomware Braincipher, minimnya dana operasional membuat persoalan tidak sepenuhnya tuntas. Dari kebutuhan anggaran tahun ini hanya tercover 50%. Bahkan untuk kebutuhan 2025, hanya 5,6% dana tersedia.  

Wakil Menteri Kominfo Nezar Patria mengatakan hal tersebut saat menghadiri rapat bersama Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) dan Komisi I DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan hari ini.

“Saat ini kita sedang melakukan rebuild sistem PDNS 2 Surabaya yang direncanakan akan selesai pada akhir September 2024” kata Nezar dalam paparannya, Senin (23/9/2024).

Nezar menambahkan bahwa pemerintah telah melakukan konfirmasi terhadap sejumlah tenant Institusi Kementerian/Lembaga yang menggunakan fasilitas PDNS 2.