Logo Bloomberg Technoz

6 Tips Nabung dari Orang jepang Agar Uang Cepat Terkumpul

Referensi
23 September 2024 14:38

Ilustrasi Menabung (Dok Freepik)
Ilustrasi Menabung (Dok Freepik)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Masyarakat Jepang dikenal memiliki budaya pengelolaan keuangan yang sangat baik. Salah satu konsep populer dalam budaya keuangan mereka adalah Kakeibo, yang merupakan filosofi hidup hemat yang banyak diterapkan oleh masyarakat Negeri Sakura.

Kakeibo pertama kali diperkenalkan pada tahun 1904 oleh seorang jurnalis wanita Jepang bernama Hani Motoko. Pada tahun 2017, metode ini kembali dikenal luas melalui buku berjudul Kakeibo: The Japanese Art of Saving Money yang ditulis oleh Fumiko Chiba. Konsep utama dari kakeibo adalah membantu anda memahami hubungan dengan uang melalui pencatatan semua pemasukan dan pengeluaran secara tertulis, tanpa menggunakan teknologi digital seperti aplikasi atau spreadsheet.

6 Tips Menabung Ala Orang Jepang

Berikut adalah 6 tips menabung ala kakeibo yang bisa Anda terapkan untuk membantu mengelola keuangan dengan lebih baik seperti dirangkum Bloomberg Technoz dari berbagai sumber, Senin (23/09/2024):

1. Catat Semua Pemasukan di Awal Bulan

Langkah pertama yang sangat penting dalam metode kakeibo adalah mencatat semua pemasukan di awal bulan. Pemasukan ini mencakup gaji bulanan, penghasilan tambahan, atau sumber pendapatan lainnya. Metode ini menekankan penggunaan buku catatan fisik, di mana Anda benar-benar menuliskan semua pendapatan secara manual. Proses ini membantu Anda lebih sadar dan meresapi setiap transaksi keuangan.

2. Sisihkan Uang Tabungan Sebelum Membuat Anggaran

Metode kakeibo menekankan pentingnya menabung lebih dulu sebelum mengalokasikan dana ke pos pengeluaran. Segera setelah menerima gaji atau pendapatan, tentukan jumlah yang akan ditabung, baru sisanya dianggarkan untuk kebutuhan lainnya. Dalam kakeibo, pengeluaran dibagi menjadi empat kategori utama:

  • Survival: Kebutuhan pokok seperti makanan, tagihan, dan cicilan.

  • Optional: Pengeluaran sekunder untuk hiburan, makan di luar, dan rekreasi.

  • Culture: Pembelian untuk kebutuhan budaya seperti buku, film, atau pendidikan.

  • Extra: Pengeluaran tak terduga seperti hadiah atau acara sosial.

3. Beri Waktu 24 Jam Sebelum Membeli Barang