Logo Bloomberg Technoz

Sri Mulyani Akui Ingin Tiru Upaya Korsel Lolos Middle Income Trap

Azura Yumna Ramadani Purnama
23 September 2024 14:40

Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Dok. Tangkapan Layar YouTube BNPB Indonesia)
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Dok. Tangkapan Layar YouTube BNPB Indonesia)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku ingin meniru upaya Korea Selatan agar lolos dari fenomena jebakan kelas menengah atau middle income trap. Menurut dia, Indonesia memiliki momentum yang sama dengan Korsel dalam upaya terhindar dari jebakan tersebut.

Sri Mulyani menjelaskan, untuk keluar dari middle income trap, Korsel dan beberapa negara maju lainnya berhasil mengkapitalisasi situasi global untuk kepentingan negara mereka.

“Mereka mampu mengkapitalisasi situasi global yang memberikan kesempatan bagi mereka untuk kemudian mengkapitalisasi momentum tersebut dan Indonesia saat ini memiliki momentum tersebut,” ujar Sri Mulyani dalam acara ASEAN Economic Development and the Middle-Income Trap di Aula Dhanapala Kemenkeu, Senin (23/9/2024).

Ia menyebut negara-negara seperti Korsel, Taiwan, dan beberapa negara ASEAN berhasil memanfaatkan kesempatan yang diberikan oleh situasi ekonomi global untuk mencapai status negara berpendapatan tinggi.

Dalam kaitan itu, Sri Mulyani mengklaim Indonesia saat ini memiliki momentum tersebut apabila dapat memanfaatkan potensi pengembangan ekonomi hijau yang sedang digencarkan di berbagai negara.