Logo Bloomberg Technoz

Indef Beber Solusi Jebakan Kelas Menengah: Industrialisasi

Pramesti Regita Cindy
23 September 2024 14:20

Suasana perayaan malam pergantian tahun di Bundaran HI, Senin (1/1/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Suasana perayaan malam pergantian tahun di Bundaran HI, Senin (1/1/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta Ekonom Senior Institute for Development Economics and Finance (Indef), sekaligus Rektor Universitas Paramadina, Didik J. Rachbini menekankan solusi untuk bisa Indonesia keluar dari jebakan pendapatan kelas menengah (middle income trade) adalah melalui industrialisasi.

Berkaitan dengan hal tersebut, dia lantas memaparkan setidaknya ada beberapa langkah kebijakan yang dapat dilakukan oleh pemerintahan Prabowo Subianto selanjutnya. 

Salah satu langkah kunci dapat dimulai dari menjaga stabilitas makroekonomi, termasuk mengelola utang negara yang makin membesar.

"Kalau utangnya banyak ya income tax ratio harus naik. Artinya, kalau kita mau mencicil menghabiskan 50% dari income kita, kalau kita naikkan dua kali lipat pendapatan kita, maka cicilan yang 50% itu tinggal 20% jadi ketergantungan kepada utang hilang," jelasnya dalam Diskusi Publik Prospek Kebijakan Ekonomi Prabowo yang dilaksanakan secara daring, dikutip Senin (23/9/2024). 

Petugas melayani wajib pajak di KPP Pratama Jakarta Cilandakdi Jakarta, Kamis (7/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Selanjutnya, reformasi kebijakan sektor perdagangan, di mana dia menyoroti pentingnya kebijakan perdagangan yang lebih terbuka dan kompetitif, disusul dengan insentif ekspor.