Logo Bloomberg Technoz

Korut Kirim Balon Sampah, Korsel Ancam Ambil Tindakan Militer

News
23 September 2024 14:00

Ilustrasi Korea Utara (Korut) (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Korea Utara (Korut) (Sumber: Bloomberg)

Soo-Hyang Choi - Bloomberg News

Bloomberg, Korea Selatan (Korsel) mengeluarkan peringatan keras akan kemungkinan tindakan militer jika Korea Utara (Korut) tetap menerbangkan balon-balon sampah melintasi perbatasan. Peringatan ini merupakan ancaman langsung yang jarang terjadi sejak Pyongyang memulai aksi pengiriman balon tersebut pada Mei lalu.

Pada Senin lalu, gelombang terbaru balon yang berisi sampah menyebabkan gangguan operasi selama lebih dari 90 menit di Bandara Internasional Incheon, bandara utama Korea Selatan. Insiden ini memperburuk ketegangan di sepanjang perbatasan kedua negara yang selama beberapa bulan terakhir terus meningkat.

"Kami akan mengambil langkah militer tegas jika balon sampah Korea Utara mengancam keselamatan rakyat kami atau jika tindakan tersebut dianggap melewati batas," ujar Kepala Staf Gabungan Korea Selatan dalam pernyataan resmi pada Senin (23/09/2024). Namun, mereka tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang tindakan yang akan diambil.

Pejabat Korea Selatan sebelumnya telah menegaskan bahwa setiap ancaman terhadap keselamatan warganya akan dihadapi dengan tegas. Namun, jarang sekali pemerintah membahas respons militer terkait balon sampah ini.