Logo Bloomberg Technoz

Bos BI 'Sentil' Kinerja BPD: Tak Beri Dampak Besar ke Ekonomi

Azura Yumna Ramadani Purnama
23 September 2024 12:50

Karyawan menghitung uang rupiah di salah satu bank di Jakarta, Selasa (16/1/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Karyawan menghitung uang rupiah di salah satu bank di Jakarta, Selasa (16/1/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyoroti kinerja perbankan daerah yang beroperasi di berbagai wilayah. Menurut dia, kinerja Bank Pembangunan Daerah (BPD) masih perlu ditingkatkan agar dapat berkontribusi terhadap perekonomian dan keuangan daerah secara maksimal.

Hal tersebut disampaikan Perry ketika memaparkan tiga tantangan dalam meningkatkan digitalisasi daerah, pada acara Koordinasi Nasional Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (Rakornas P2DD) 2024, Senin (23/9/2024)

“Pada level di daerah bagaimana peran perbankan termasuk perbankan di daerah juga perlu terus ditingkatkan agar meningkatkan kapasitas dalam pelayanan ekonomi dan keuangan daerah,” tutur Perry dalam pidatonya.

Sebelum itu, Perry menyatakan terdapat tantangan demografi yang perlu diatasi untuk mempercepat digitalisasi daerah, yakni penciptaan lapangan kerja untuk memenuhi kebutuhan industri.

Menurut dia, ke depannya pemerintah perlu menciptakan lapangan kerja yang cukup untuk menampung 70% dari demografi yang merupakan generasi milenial untuk dapat bekerja, “Juga kita terhindar dari middle income trap,” ucapnya.