Logo Bloomberg Technoz

PBOC Pangkas Suku Bunga, Harapan Stimulus China Meningkat

News
23 September 2024 11:00

Gedung People's Bank of China (PBOC). (Dok: Bloomberg)
Gedung People's Bank of China (PBOC). (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, China mengumumkan rencana pengarahan langka tentang ekonomi oleh tiga regulator keuangan terkemuka tepat ketika mereka memangkas salah satu suku bunga kebijakan jangka pendeknya. Langkah ini memicu spekulasi bahwa pihak berwenang sedang bersiap meningkatkan upaya untuk menghidupkan kembali pertumbuhan.

Pihak berwenang mengumumkan pada Senin (23/9/2024) bahwa gubernur bank sentral Pan Gongsheng akan mengadakan konferensi pers besok tentang dukungan keuangan untuk pembangunan ekonomi, bersama dengan dua pejabat lainnya. Beberapa menit kemudian, People's Bank of China (PBOC) menurunkan bunga acuan 14-days reverse repo rate, sebagai bagian dari pengurangan yang dimulai pada Juli.

Secara keseluruhan, langkah ini mendukung ekspektasi PBOC untuk menurunkan suku bunga, setelah Federal Reserve AS akhirnya mulai menurunkan suku bunga pada minggu lalu.

Bank sentral China juga baru-baru ini mengisyaratkan bahwa mereka sedang mempersiapkan kebijakan-kebijakan tambahan. Serangkaian data yang mengecewakan di Agustus menimbulkan kekhawatiran bahwa China dapat meleset dari target pertumbuhan tahunannya sekitar 5% tanpa dukungan lebih lanjut.

China menurunkan suku bunga kebijakan. (Dok: Bloomberg)