Logo Bloomberg Technoz

Ringgit Siap Pertahankan Reli usai Kuartal Terbaik dalam 50 Tahun

News
23 September 2024 08:40

Ringgit Malaysia. (Brent Lewin/Bloomberg)
Ringgit Malaysia. (Brent Lewin/Bloomberg)

Matthew Burgess -- Bloomberg News

Bloomberg - Nilai tukar ringgit Malaysia siap untuk melanjutkan relinya setelah menjadi kuartal terbaiknya sejak 1973 karena bank sentral berpotensi akan menahan diri untuk tidak memangkas suku bunga acuan.

Ringgit telah menguat lebih dari 12% terhadap dolar Amerika Serikat (AS) sejauh kuartal ini, menjadikannya mata uang pasar berkembang dengan kinerja terbaik. Mempersempit perbedaan suku bunga acuan dengan AS, meningkatkan kinerja perdagangan, dan valuasi aset yang menarik dapat membantu ringgit menguat lebih jauh, kata para analis.

Pertumbuhan ekonomi yang kuat dan potensi kenaikan harga konsumen jika pemerintah melanjutkan untuk menghapus beberapa subsidi bahan bakar dapat membuat Bank Negara Malaysia bertahan hingga 2025, bahkan ketika bank sentral lain mulai menurunkan biaya pinjaman. Arus investor asing dan konversi lebih lanjut simpanan mata uang asing juga akan mendukung ringgit.

“Surplus giro berjalan Malaysia, sikap netral bank sentral, dan fundamental yang stabil dapat membantu kenaikan lebih lanjut mengingat pelemahan dolar, AS” kata Jeff Ng, kepala strategi makro Asia di Sumitomo Mitsui Banking Corp. “Hal ini terutama terjadi jika pasar mengharapkan lebih banyak pemotongan suku bunga oleh AS, yang mengurangi perbedaan imbal hasil antara AS dan Malaysia.”