Logo Bloomberg Technoz

Kim Jong Un Puji China saat Hubungan Korut-Rusia Makin Mesra

News
23 September 2024 06:10

Kim Jong Un (Sumber: Bloomberg)
Kim Jong Un (Sumber: Bloomberg)

Jon Herskovitz - Bloomberg News

Bloomberg, Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengirimkan ucapan selamat kepada Presiden China Xi Jinping dengan apa yang tampaknya merupakan retorika yang terkendali yang muncul ketika Pyongyang bergerak lebih dekat dengan Rusia dan mengurangi ketergantungan pada sekutu lamanya di Asia.

Kim mengharapkan "kesuksesan yang lebih besar bagi rakyat China dalam membangun sebuah negara sosialis modern," dalam pesan balasan kepada Xi untuk mengucapkan selamat ulang tahun kepada Korea Utara, demikian yang dilaporkan oleh Korean Central News Agency (KCNA) pada Minggu (22/9/2024).

Pesan sepanjang 190 kata itu hanya mengandung sedikit bahasa yang berbunga-bunga yang selama ini menjadi ciri khas korespondensi mereka, yang telah menurun secara signifikan tahun ini, menurut analisis dari layanan spesialis yang berbasis di Seoul, NK Pro.

Analisis tersebut mencatat tiga referensi pertukaran bolak-balik yang disebutkan di media pemerintah tahun ini antara Xi dan Kim, dibandingkan dengan 10 referensi pada tahun 2023.