Logo Bloomberg Technoz

UEA berusaha untuk menjadi pusat regional dan tempat pengujian AI. Hal ini termasuk kemungkinan mendukung rencana ambisius dari CEO OpenAI, Sam Altman, untuk mengembangkan mesin dan sistem untuk teknologi tersebut.

Secara lebih luas, negara-negara Teluk telah mencoba mengurangi ketergantungan mereka pada petrokimia. Mereka telah menargetkan industri semikonduktor sebagai peluang pertumbuhan selama lebih dari satu dekade.

Perusahaan investasi Mubadala di Abu Dhabi adalah pemilik mayoritas GlobalFoundries Inc yang merupakan bekas operasional pabrik Advanced Micro Devices Inc. Pembelian tersebut pada awalnya dimaksudkan untuk mengarah pada pembangunan pabrik di Timur Tengah.

Namun, upaya tersebut mengalami kesulitan karena Teluk tidak memiliki infrastruktur yang dibutuhkan untuk menjustifikasi pembangunan pabrik cip, yang menelan biaya puluhan miliar dolar untuk membangun dan melengkapi--dan dengan cepat menjadi usang jika tidak diperbarui. 

Pembuat cip lebih suka membangun pabrik dalam kelompok di mana mereka dapat memanfaatkan kumpulan pekerja terampil, infrastruktur yang ada, dan kedekatan dengan pemasok dan dukungan. G42, perusahaan yang berbasis di Abu Dhabi, merupakan pusat dari dorongan UEA ke dalam AI.

Perusahaan ini mendapatkan investasi senilai US$1,5 miliar dari Microsoft Corp pada awal tahun ini, dan kedua perusahaan tersebut baru saja mengumumkan rencana untuk membuat dua pusat penelitian secara lokal untuk mengembangkan standar industri AI.

G42 mengatakan pada minggu lalu bahwa mereka akan bekerja sama dengan Nvidia Corp untuk membuat laboratorium teknologi iklim. Kerja sama ini merupakan kemitraan pertama perusahaan dengan Nvidia, yang cip-nya sangat penting untuk pengembangan perangkat lunak AI. G42 juga memiliki kesepakatan dengan OpenAI, pencipta ChatGPT.

Namun, kebangkitan UEA sebagai kekuatan AI juga telah mengundang kekhawatiran dari Pemerintah AS, yang ingin memastikan bahwa negara tersebut tidak memberikan teknologi sensitif kepada China. Menjelang kesepakatan Microsoft, G42 setuju untuk mengakhiri kerja sama apa pun dengan negara tersebut.

(bbn)

No more pages