Logo Bloomberg Technoz

Jika margin dapat mempertahankan pemulihan, hal ini dapat mendongkrak harga minyak mentah dalam jangka pendek, meskipun para pedagang terus bergulat dengan penambahan kapasitas yang telah meningkatkan suplai tahun ini.

Pergerakan minyak Brent. (Dok: Bloomberg)

Biji-bijian

Gudang-gudang di China dipenuhi oleh biji-bijian seiring dengan krisis ekonomi yang sedang berlangsung, membuat para petani di seluruh dunia bergulat dengan prospek perlambatan yang akan berlangsung lama di salah satu konsumen terbesar mereka.

Beijing telah meminta para pedagang untuk membatasi pembelian jagung, barley, dan sorgum dari luar negeri--sebuah upaya untuk meringankan kelebihan pasokan yang diperparah oleh aksi beli yang dilakukan oleh para pedagang yang memborong kargo-kargo luar negeri yang murah di awal tahun ini. Barang-barang ini akhirnya mengalir ke pelabuhan-pelabuhan di China ketika permintaan melemah.

Impor biji-bijian China. (Dok: Bloomberg)

Cuaca

Banjir di sebagian besar wilayah Afrika Barat dan Tengah telah berdampak pada sedikitnya 4 juta orang dan menghancurkan hasil panen di wilayah yang sudah kekurangan pangan dan dilanda ketidakamanan. Banjir yang mematikan ini telah melanda setidaknya 14 negara yang termasuk di antara negara-negara yang paling tidak siap secara global dalam menghadapi bencana terkait iklim, dengan hanya sedikit dana yang tersedia untuk menyangga infrastruktur terhadap cuaca buruk.

Daerah ini menderita akibat hancurnya lahan pertanian, ternak yang tenggelam, dan tanaman yang rusak termasuk kakao, jagung, beras, jawawut, dan sorgum dalam apa yang dianggap sebagai banjir terburuk dalam 30 tahun terakhir.

Peta wilayah Afrika yang dilanda banjir. (Dok: Bloomberg)

Lithium

Penghentian produksi yang dilaporkan terjadi di salah satu tambang litium terbesar di China pada bulan ini tidak banyak membantu untuk menghidupkan kembali harga logam baterai. Amperex Technology Co Ltd--atau lebih dikenal dengan CATL--mengatakan bahwa mereka sedang menyesuaikan produksi di tambang Yichun di provinsi Jiangxi.

Meskipun tambang tersebut merupakan salah satu sumber litium terbesar di dunia, masih ada pemasok lain. Logam baterai--termasuk litium, kobalt, dan nikel--mengalami kesulitan karena membanjirnya produksi baru yang membanjiri permintaan, bersamaan dengan melambatnya laju adopsi kendaraan listrik.

Pergerakan harga Lithium. (Dok: Bloomberg)

Kendaraan Listrik

Infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik terus berkembang di seluruh dunia, dibantu oleh miliaran dolar dalam bentuk insentif dari pemerintah. Pemasangan diperkirakan akan meningkat setidaknya 800.000 pada paruh kedua tahun ini, sepertiga lebih banyak dari jumlah yang dipasang dari Januari hingga Juni, menurut perkiraan BloombergNEF.

Tren menunjukkan bahwa China mungkin akan melihat lebih banyak pemasangan dalam tiga bulan terakhir tahun ini, sementara hibah pemerintah di AS dan pendatang baru seperti perusahaan patungan produsen mobil Ionna dapat meningkatkan pertumbuhan di Amerika Utara setelah tahun 2024, meskipun penjualan mobil listrik melambat.

Pemasangan pengisian kendaraan listrik. (Dok: Bloomberg)

(bbn)

No more pages