Logo Bloomberg Technoz

Komitmen Bisnis Berkelanjutan, PLN Sabet Dua Penghargaan ESG


Dok: PLN
Dok: PLN

Jakarta -PT PLN (Persero) memperoleh 2 penghargaan sekaligus dalam ajang Anugerah ESG Republika 2024 pada Kamis (19/09) di Jakarta. Penghargaan ini menjadi bukti komitmen PLN dalam menerapkan bisnis yang mengedepankan kelestarian lingkungan, kesejahteraan sosial, dan tata kelola perusahaan yang baik.

Adapun dua kategori penghargaan yang diraih PLN yaitu pertama  Emission Reduction Effort untuk kategori Environmental . PLN dinilai berhasil menciptakan inovasi dalam mendukung kebutuhan sektor bisnis dan industri terhadap pasokan listrik hijau melalui produk unggulannya Renewable Energy Certificate (REC).

Sementara penghargaan kedua yang diraih PLN yakni Inclusion Empowerment and Women's Empowerment Programs untuk kategori Social. Melalui program Srikandi Movement, para pegawai perempuan PLN di seluruh Indonesia terus berkontribusi aktif pada lingkungan dan membawa dampak positif bagi Perusahaan. Melalui program ini, PLN dinilai sukses meningkatkan peran perempuan, tidak hanya dari sisi ketenagalistrikan tetapi juga terlibat dalam isu-isu sosial dan lingkungan di masyarakat. 

Dalam agenda tersebut, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia menyampaikan, penerapan prinsip Enviromental, Sustainability, and Governance (ESG) merupakan sebuah keharusan dalam rangka mendorong pembangunan berkelanjutan demi menjaga bumi dari perubahan iklim.

"Keberlangsungan pembangunan yang berorientasi pada lingkungan itu harus kita jadikan sebagai bagian penting dalam rangka mewariskan kepada anak cucu kita," tuturnya.