Logo Bloomberg Technoz

PLN & ESDM Gelar Balap Motor Listrik Konversi Pertama di Dunia


Dok: PLN
Dok: PLN

Jakarta -PT PLN (Persero) bersama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggelar PLN EV Conversion Race 2024 di Sentul International Karting Circuit, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Minggu, 22 September 2024 besok. Balap motor listrik konversi pertama di Indonesia ini digelar sebagai pembuktian ketahanan motor listrik hasil konversi sehingga akan menarik minat masyarakat untuk beralih ke kendaraan ramah lingkungan.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agus Cahyono Adi mengatakan, ajang ini akan memperebutkan Piala Menteri ESDM dengan total hadiah mencapai Rp222 juta. Masyarakat juga bisa menyaksikannya secara langsung di venue tanpa biaya.

"Tujuan dari PLN EV Motor Conversion Race 2024 ini adalah untuk meningkatkan animo masyarakat dan menunjukkan reliability dari sepeda motor listrik hasil konversi yang tidak kalah dengan sepeda motor konvensional (Internal Combustion Engine/ICE) sehingga tercipta kepercayaan terhadap produk konversi," ujar Agus di Jakarta, Jumat (20/9). 

Agus menyampaikan, akan ada tiga kategori yang dipertandingkan dalam ajang ini, yakni EV Race atau balap sepeda motor listrik di lintasan aspal, untuk menunjukkan performa sepeda motor listrik hasil konversi. Kemudian terdapat kategori EV Endurance, atau balapan ketahanan selama 2 jam, untuk menguji ketahanan motor listrik hasil konversi.

"Kategori ketiga ada Conversion Competition, yaitu kompetisi live konversi sepeda motor BBM menjadi sepeda motor listrik untuk SMK dan Mekanik," imbuh Agus.