Logo Bloomberg Technoz

Zelenskiy Akan Sambangi Biden, Minta Kejelasan Soal NATO

News
22 September 2024 20:00

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy (Dok: Bloomberg)
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy (Dok: Bloomberg)

Daryna Krasnolutska - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy akan mendesak Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memberikan undangan resmi untuk bergabung dengan NATO dan berkomitmen memasok senjata canggih yang berkelanjutan sebagai bagian dari "rencana kemenangan" presiden Ukraina untuk mengakhiri perang dengan Rusia.

Zelenskiy diperkirakan menyampaikan rencana tersebut, yang juga meminta jalur yang jelas menuju keanggotaan Uni Eropa (UE) serta pengaturan ekonomi dan keamanan lainnya, kepada Biden saat mereka bertemu di Washington pada 26 September, menurut orang-orang yang mengetahui masalah tersebut, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena informasinya bersifat pribadi.

Menjelang debat umum Majelis Umum PBB yang dimulai di New York pada Selasa, Zelenskiy berencana mengunjungi sebuah pabrik di Pennsylvania yang memproduksi beberapa amunisi yang paling dibutuhkan untuk pertahanan Ukraina melawan Rusia.

Dia akan mengunjungi pabrik tersebut, yang memproduksi peluru artileri 155mm yang penting bagi upaya perang Kyiv, pada Minggu, menurut seseorang yang mengetahui jadwalnya. Ukraina menghadapi kekurangan amunisi yang parah di wilayah Donetsk timur sebelum melancarkan serangan ke Kursk pada Agustus, kata Zelenskiy pekan lalu.