Logo Bloomberg Technoz

Biden menambahkan bahwa Xi "berusaha membeli sendiri ruang diplomatik, menurut pandangan saya, untuk secara agresif mengejar kepentingan China."

“China terus bersikap agresif, menguji kita di seluruh kawasan” di beberapa bidang, “termasuk masalah ekonomi dan teknologi,” Biden menambahkan. “Pada saat yang sama, kami percaya persaingan yang ketat membutuhkan diplomasi yang ketat.”

Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih tidak segera menanggapi permintaan komentar tentang rekaman audio tersebut.

KTT tersebut diadakan pada bulan-bulan terakhir masa jabatan kepresidenan Biden — dan jabatan perdana menteri Kishida — dan saat AS meluncurkan serangkaian langkah yang ditujukan untuk melawan pengaruh China.

Langkah-langkah tersebut termasuk menyelesaikan tarif baru pada industri tertentu, seperti kendaraan listrik, sambil menindak pengiriman e-commerce dan baja serta aluminium yang mencapai AS melalui Meksiko.

Pertemuan Quad, meskipun tidak hanya berfokus pada China, sesuai dengan dorongan keseluruhan tersebut. Biden mengutip kunjungan Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan baru-baru ini ke China dalam sambutannya sebelum siaran tersebut diputus.

“Kami telah memperoleh beberapa keuntungan dalam hubungan bilateral AS-China yang penting,” kata Biden. Para pemimpin dan pejabat secara terbuka meremehkan gagasan bahwa fokus KTT tersebut adalah pada Beijing.

“China bukanlah fokus Quad dan Quad bukan tentang satu negara, ini tentang visi yang lebih besar yang sedang kami upayakan,” kata Sullivan kepada wartawan pada Sabtu sebelumnya.

Dalam sambutan pembukaan publik yang mengawali pertemuan tersebut, para pemimpin menghindari penyebutan spesifik tentang China tetapi menyinggung ketegangan regional.

“Kami tidak menentang siapa pun,” kata Modi. “Kita semua mendukung tatanan internasional yang berdasarkan aturan, penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas teritorial, serta penyelesaian damai atas semua perselisihan.”

Albanese mengatakan janji kawasan Indo-Pasifik “bergantung pada perdamaian dan stabilitas yang berkelanjutan, serta pengelolaan persaingan dan perselisihan strategis yang bijaksana.”

Kesehatan, Inisiatif Iklim

Dalam pernyataan bersama, para pemimpin mengumumkan beberapa inisiatif bersama dengan Quad Cancer Moonshot yang menjadi pusat perhatian, sebuah upaya untuk berkolaborasi dan menyelamatkan nyawa dari kanker di wilayah tersebut. Awalnya, inisiatif ini akan difokuskan pada kanker serviks.

Mengenai keamanan maritim, para pemimpin mengumumkan inisiatif pelatihan untuk menyediakan alat guna membantu negara-negara "memantau dan mengamankan perairan mereka, menegakkan hukum mereka, dan mencegah perilaku yang melanggar hukum."

Penjaga Pantai AS, Penjaga Pantai Jepang, Pasukan Perbatasan Australia, dan Penjaga Pantai India akan memulai program pengamat tahun depan untuk "meningkatkan interoperabilitas dan memajukan keselamatan maritim," menurut pernyataan tersebut.

Inisiatif lain, Kemitraan Quad Ports of the Future, bertujuan untuk mendukung "pembangunan infrastruktur pelabuhan yang berkelanjutan dan tangguh" di wilayah tersebut. Para pemimpin membahas berbagai masalah, termasuk ancaman Korea Utara, kata pejabat AS, yang berbicara dengan syarat anonim untuk membahas sesi tertutup.

Kelompok tersebut menjanjikan kerja sama yang lebih dalam mengenai isu iklim dan energi bersih, termasuk uang untuk mendukung proyek tenaga surya dan untuk mendiversifikasi rantai pasokan. Para pemimpin juga menyediakan dana untuk penelitian bersama guna memanfaatkan kecerdasan buatan dan robotika untuk meningkatkan pertanian.

Pergantian kekuasaan membayangi Quad, dengan Kishida yang akan pergi, Biden menyusul pada bulan Januari dan Albanese menghadapi pemilihan umum tahun depan.

Calon presiden dari Partai Republik Donald Trump telah lama waspada terhadap aliansi AS yang menurutnya tidak seimbang, tetapi para pemimpin menepis pertanyaan tentang apakah Quad dapat bertahan.

"Quad akan bertahan jauh melampaui November — jauh melampaui November," kata Biden kepada wartawan. Albanese mengatakan dia "sangat yakin" Quad akan bertahan. "Keempat negara berkomitmen pada Quad," katanya kepada wartawan.

Rumah Biden

KTT tersebut mencakup sentuhan pribadi oleh Biden. Dia menjamu masing-masing dari tiga perdana menteri secara pribadi di rumahnya di daerah Wilmington, Delaware, tempat dia sebelumnya tidak menjamu sesama pemimpin sebagai presiden, sebelum membawa mereka ke pertemuan yang diadakan di sekolah lamanya.

Pertemuan dimulai dengan suasana yang bersahabat.

Modi memanggil Biden dengan sebutan "Amtrak Joe," julukan yang ia peroleh sebagai penumpang kereta api yang produktif saat menjadi anggota Senat AS, sementara Biden memanggil Kishida dengan sebutan "sahabat baik saya."

 Albanese dan Biden bercanda bahwa kepala sekolah mereka akan terkejut melihat mereka menghadiri pertemuan puncak yang diadakan di sebuah sekolah. Pada satu titik, Biden terdengar mengatakan kepada perdana menteri Australia: "Jika kami bosan, kami bisa turun ke arena bowling."

(bbn)

No more pages