Logo Bloomberg Technoz

Timteng Membara Akibat Serangan Pager, Gencatan Gaza Makin Suram

News
22 September 2024 13:30

Asap dari ledakan setelah militer Israel mengeluarkan perintah untuk evakuasi di Khan Younis, Gaza selatan, Senin (22/7/2024). (Ahmad Salem/Bloomberg)
Asap dari ledakan setelah militer Israel mengeluarkan perintah untuk evakuasi di Khan Younis, Gaza selatan, Senin (22/7/2024). (Ahmad Salem/Bloomberg)

Iain Marlow - Bloomberg News

Bloomberg, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken terbang ke Timur Tengah pekan ini dengan sedikit bayangan bahwa lawatannya yang ke-10 ke wilayah tersebut sejak 7 Oktober lalu akan menghasilkan terobosan dalam perang Gaza.

Dan itu terjadi sebelum ribuan ledakan yang hampir bersamaan dari pager dan walkie-talkie milik anggota milisi Hizbullah menyebarkan malapetaka di Lebanon. Pada Jumat (20/9/2024), Israel mengatakan bahwa mereka telah membunuh salah satu pemimpin organisasi yang didukung Iran tersebut dalam serangan yang menewaskan belasan orang, dan hanya menyisakan sedikit harapan bagi gencatan senjata di Gaza.

Selama berbulan-bulan, Blinken telah mewujudkan perjuangan pemerintahan Biden untuk mengakhiri konflik yang meletus setelah serangan Hamas terhadap Israel pada musim gugur lalu: bolak-balik ke wilayah tersebut, menekan kedua belah pihak, dan meyakinkan dunia bahwa kesepakatan sudah berada di depan mata.

Banyaknya perjalanan yang dilakukan Blinken juga secara tidak sengaja menyoroti pesimisme yang semakin meningkat mengenai prospek tercapainya kesepakatan.