Logo Bloomberg Technoz

Dengan mengetahui kondisi cuaca harian, Anda dapat mempersiapkan beberapa perlengkapan yang diperlukan, di antaranya payung atau jas hujan.

2. Menjaga Kesehatan Tubuh

Menghadapi curah hujan tinggi, kerap menjadi kondisi transisi atau pergantian cuaca yang kerap berubah sewaktu-waktu atau masa pancaroba. Perubahan cuaca tersebut kerap menyebabkan sejumlah penyakit, seperti flu, diare, leptospirosis, hingga penyakit kulit dan demam berdarah.

Atas pergantian cuaca dan suhu yang kerap berganti, pastikan cuaca tubuh tetap terjaga kesehatannya dengan mengonsumsi makanan bergizi, rutin melakukan olahraga, istirahat yang cukup, serta mengonsumsi vitamin agar dapat memperkuat daya tahan tubuh.

3. Jaga Kebersihan Lingkungan

Menjaga kebersihan lingkungan merupakan suatu hal yang sangat diperlukan dalam menghadapi musim hujan dengan curah yang tinggi. Hal tersebut perlu diperhatikan untuk mengurangi potensi terjadinya bencana banjir serta serangan penyakit demam berdarah.

Bencana banjir yang terjadi biasanya dikarenakan selokan yang berisi sampah yang jarang dibersihkan. Penumpukan sampah yang terjadi di selokan juga kerap menjadi sarang nyamuk yang menyebabkan penyakit demam berdarah.

Persiapan Menghadapi Banjir

Bencana banjir kerap terjadi di sejumlah wilayah Indonesia saat memasuki masa curah hujan yang tinggi. Dikarenakan hal tersebut, warga diimbau untuk mengatur posisi peletakan barang elektronik agar tak terjadi kecelakaan yang terjadi kala bencana banjir terjadi.

Peralatan elektronik seperti instalasi listrik dalam rumah, alat elektronik, dan aset listrik perlu diperhatikan. Korsleting listrik dapat terjadi apabila kabel instalasi listrik dalam rumah terkelupas, lalu terkena air banjir. Oleh karena itu, pastikan seluruh kabel di instalasi listrik tidak terbuka.

Saat kondisi rumah atau bahkan di dalam rumah sudah tergenang air banjir, alat elektronik akan rentan dan dapat mengakibatkan kecelakaan ketenagalistrikan. Untuk menjaga kelistrikan tetap aman, berikut beberapa tindakan yang dapat dilakukan:

  • Perhatikan posisi stop kontak atau kabel rol yang berada di bawah atau dekat dengan lantai.
  • Matikan peralatan listrik dan elektronik yang dekat dengan lantai dengan mencabut kabel listrik dari stop kontak dan memindahkan ke posisi yang aman.
  • Jangan memegang kabel yang terkelupas.
  • Apabila rumah dalam kondisi kebanjiran atau stop kontak tergenang air, pastikan Mini Circuit Breaker (MCB) di kWh meter telah dimatikan.

(fik/ros)

No more pages