Logo Bloomberg Technoz

Hal-hal yang Harus Diantisipasi Saat Memasuki Musim Hujan

Muhammad Fikri
22 September 2024 12:30

Ilustrasi Hujan. (Lam Yik/Bloomberg)
Ilustrasi Hujan. (Lam Yik/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa Indonesia akan mulai memasuki musim hujan pada November 2024. Prediksi tersebut disampaikan oleh Plt Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers yang digelar secara daring pada Kamis (19/9/2024) lalu.

“Wilayah yang akan mengalami puncak musim hujan pada November-Desember 2024 adalah sebanyak 303 Zona Musim atau 43,4 persen dari total Zona Musim yang meliputi Pulau Sumatra, pesisir selatan Jawa, dan Kalimantan,” kata Dwikorita dikutip dari laman resmi BMKG, Minggu (22/9/2024).

Dwikorita menambahkan puncak musim hujan yang terjadi pada Januari-Februari 2025 akan melanda 250 Zona Musim atau 35,8 persen dari zona musim. Wilayah tersebut di antaranya meliputi Lampung, Pulau Jawa bagian Utara, sebagian kecil Pulau Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), dan sebagian besar Papua.

Berikut hal-hal yang perlu diantisipasi warga saat memasuki puncak musim hujan pada November mendatang.

  1. Rutin Memeriksa Prakiraan Cuaca

Melakukan rutinitas pemantauan terhadap prakiraan cuaca merupakan tahapan awal yang perlu dilakukan masyarakat dalam menghadapi puncak musim hujan yang beberapa waktu lalu diprediksi oleh BMKG sebelumnya.