Logo Bloomberg Technoz

Berikut ini beberapa informasi mingguan mengenai perkembangan terbaru dalam ekonomi global, pasar, dan geopolitik:

AS

Proyeksi terbaru yang dirilis bersamaan dengan keputusan suku bunga The Fed juga menunjukkan bahwa meskipun median pejabat mendukung pemangkasan 50 basis poin dalam dua pertemuan terakhir mereka tahun ini, para pembuat kebijakan masih terpecah mengenai berapa banyak lagi yang harus diturunkan sebelum inflasi secara definitif kembali ke target 2% bank sentral: Tujuh dari 19 orang membayangkan hanya 25 basis poin pemotongan tambahan pada tahun 2024 dan dua orang menentang langkah lebih lanjut tahun ini.

Di AS, rata-rata keluarga beranggotakan empat orang akan menghabiskan lebih banyak uang setiap tahun untuk penitipan anak dibandingkan dengan biaya perumahan. Kedua kandidat presiden telah mengajukan proposal kebijakan khusus untuk mengatasi keterjangkauan perumahan. Namun, baik Kamala Harris maupun Donald Trump belum merinci bagaimana mereka akan mengurangi biaya bagi para orang tua yang saat ini dalam banyak kasus menghabiskan US$33.000 per tahun untuk dua anak di tempat penitipan anak.

Donald Trump telah berjanji untuk menggunakan tarif baru yang luas untuk mendanai segala hal, mulai dari pemotongan pajak hingga penitipan anak. Namun, para ekonom mengatakan bahwa tarif impor baru ini kemungkinan tidak akan menghasilkan lonjakan pendapatan yang dibutuhkannya.

Eropa

Para pembuat kebijakan dari London hingga Frankfurt mengisyaratkan terbatasnya keinginan untuk mengikuti AS dengan pemotongan tajam pada biaya pinjaman, membuka kesenjangan trans-Atlantik yang baru mengenai kecepatan pelonggaran global.

Irlandia perlu menyelesaikan sekitar 52.000 rumah baru setiap tahun hingga tahun 2050 untuk menampung populasi negara yang terus bertambah, menurut bank sentral, angka yang jauh melebihi target pemerintah saat ini yaitu 33.000 rumah per tahun.

Memperoleh pendanaan utang dan ekuitas mungkin menjadi lebih menantang karena proses perencanaan yang kompleks dan produktivitas yang rendah di sektor konstruksi.

Asia 

BOJ terlihat ingin memantau dampak dari langkah di Juli dan untuk menghindari kejutan yang mengejutkan pasar. Penahanan ini juga menjauhkan bank dari sorotan karena Partai Demokratik Liberal Jepang memilih pemimpin baru pada 27 September untuk mengambil peran sebagai perdana menteri. Bank sentral mungkin juga ingin melihat bagaimana pasar merespons hasil Pemilu AS.

Para pejabat di Jakarta melakukan pemangkasan suku bunga sebesar seperempat poin pada Rabu (18/9/2024), dan suku bunga yang lebih rendah di AS akan memberikan ruang bagi para penentu suku bunga di Seoul dan Mumbai untuk bergerak. 

Sementara bank-bank sentral regional dipaksa untuk mempertahankan sikap ketat selama berbulan-bulan karena takut memberikan tekanan pada mata uang mereka, fokus saat ini bergeser pada seberapa banyak dan seberapa cepat mereka akan memangkas, atau dalam beberapa kasus apakah mereka akan melonggarkan kebijakan.

Pengeluaran anggaran China menyusut lebih cepat di tengah penurunan pendapatan yang belum pernah terjadi sebelumnya yang diperoleh pemerintah daerah dari penjualan tanah. Ini merupakan tanda yang mengkhawatirkan bagi perekonomian yang sangat membutuhkan dukungan fiskal.

Jutaan profesional China yang ambisius telah kehilangan pekerjaan akibat keputusan Presiden Xi Jinping untuk mengubah bentuk ekonomi terbesar kedua di dunia ini. Industri seperti keuangan, teknologi konsumen, dan properti--pendorong utama pertumbuhan China di sebagian besar abad ini--kini tidak disukai.

Sebaliknya, pemimpin Partai Komunis yang paling berkuasa sejak Mao Zedong ini mengalokasikan sumber daya untuk usaha-usaha seperti kendaraan listrik dan produksi cip. Pertumbuhan "berkualitas tinggi" adalah mantra baru, bukan "kecepatan tinggi".

Pasar Negara Berkembang

Perekonomian Argentina tenggelam lebih dalam ke dalam resesi di kuartal kedua karena efek riak dari devaluasi mata uang dan penghematan yang dilakukan oleh Presiden Javier Milei memperparah kemerosotan. Milei belum membayar biaya politik setelah ia secara blak-blakan memperingatkan warga negara selama pidato pelantikannya bahwa apa yang disebutnya sebagai "terapi kejut" itu memang akan menyakitkan.

Banjir di Afrika yang membuat jutaan orang mengungsi dari Guinea di pantai barat ke Republik Afrika Tengah, yang berjarak lebih dari 2.000 mil di sebelah timur, menimbulkan peringatan akan jebolnya bendungan dan penyakit.

Di Chad, naiknya air di bendungan Chari dan Logone dapat menyebabkan "bencana banjir", demikian peringatan badan PBB, dan Pemerintah Kamerun meningkatkan respons keuangan lebih dari lima kali lipat.

Dunia

Gudang-gudang di seluruh China dipenuhi dengan biji-bijian seiring dengan krisis ekonomi yang semakin parah, membuat para petani dunia bergulat dengan prospek perlambatan yang berkepanjangan yang mencengkeram salah satu pelanggan terbesar mereka.

Secangkir kopi akan menjadi lebih mahal karena gangguan pasokan yang terus-menerus mendorong harga biji kopi arabika premium ke level tertinggi dalam 13 tahun terakhir. Kontrak paling aktif melemah di akhir minggu ini karena prakiraan cuaca mengisyaratkan hujan di beberapa wilayah di Brazil, yang telah menghadapi cuaca panas dan kering yang berkepanjangan.

Di luar bank-bank sentral utama, Indonesia secara tak terduga menurunkan suku bunga untuk pertama kalinya dalam tiga tahun terakhir, sementara Afrika Selatan dan Eswatini juga melakukan pemangkasan suku bunga. 

Taiwan, Norwegia, Ukraina, Turki, Angola, bank-bank di China, dan Paraguay mempertahankan suku bunga. Bank sentral Brazil menaikkan suku bunganya sebesar seperempat poin dan mengatakan bahwa akan ada lebih banyak kenaikan di tengah-tengah pertumbuhan dan ekspektasi inflasi yang kuat.

(bbn)

No more pages