Logo Bloomberg Technoz

Menurut laporan media lokal, produsen mobil Jepang itu menawarkan paket pesangon kepada lebih dari 2.000 pekerja di perusahaan patungannya dengan Dongfeng Motor Group Co, milik negara China.

Optimalisasi staf tersebut merupakan bagian dari strategi untuk memastikan operasi yang berkelanjutan dan mempercepat transisinya ke kendaraan listrik, kata Dongfeng Honda dalam sebuah pernyataan melalui media sosial pada Selasa.

Penjualan Merosot, VW akan PHK Karyawan di China untuk Efisiensi

Tampilan ruang kemudi dan dashboard mobil VW di pameran mobil IAA di Munich, Jerman. (Dok: Bloomberg)

Volkswagen AG telah mulai mengurangi perkeja korporat mereka di China sebagai bagian dari upaya untuk menurunkan biaya overhead sebesar 20% secara global dalam tiga tahun ke depan.

Pengurangan tersebut mencakup beberapa ratus staf lokal di tingkat grup, menurut sumber yang mengetahui masalah ini, karena Volkswagen menghadapi penurunan penjualan yang berkepanjangan di pasar terbesarnya.

Langkah ini merupakan bagian dari upaya global untuk menurunkan biaya hingga tahun 2026, yang kembali ditegaskan Volkswagen pada bulan Agustus, kata perusahaan itu dalam tanggapan terhadap pertanyaan dari Bloomberg News, sambil menolak untuk menyebutkan jumlah karyawan yang di-PHK.

GM Mau PHK Lagi, Kali Ini 1.695 Pekerja di Pabrik Kansas

General Motors (Sumber: Bloomberg)

General Motors Co (GM) mengatakan akan memberhentikan sementara dua pertiga pekerja di pabrik perakitan Fairfax, Kansas, Amerika Serikat, seiring dengan persiapan fasilitas tersebut untuk memulai produksi model Chevrolet Bolt terbaru.

"GM menginvestasikan sekitar US$390 juta di Pabrik Perakitan Fairfax kami untuk menambah produksi Chevrolet Bolt EV yang baru," kata GM dalam pernyataannya. "Untuk memfasilitasi pemasangan perkakas baru, karyawan akan dirumahkan sementara hingga produksi dilanjutkan pada pertengahan 2025."

Pemangkasan akan dimulai untuk 1.695 pekerja pada November, saat produksi sedan menengah Chevrolet Malibu berakhir, kata Automotive News, yang pertama kali melaporkan pemutusan hubungan kerja (PHK) tersebut.

Sebelumnya di Agustus, GM juga dilaporkan telah melakukan PHK terhadap sejumlah karyawan di China akibat penjualan produk yang menurun. Sepekan setelahnya 1.000 insinyur bidang perangkat software GM terdampak PHK. Hal ini imbas keputusan manajemen merampingkan organisasi perangkat software dan layanannya.

(red/ros)

No more pages