Logo Bloomberg Technoz

Respons Kominfo Soal Jutaan Data NPWP Diduga Bocor

Muhammad Fikri
22 September 2024 10:30

Data Indonesia yang Diduga Dibocorkan Grup Peretasan (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)
Data Indonesia yang Diduga Dibocorkan Grup Peretasan (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dikabarkan mengalami kebocoran data. Data tersebut adalah 6 juta data Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) yang diduga dijual oleh akun Bjorka God User di forum dark web.

Merespons hal tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengklaim sudah mengirimi surat permintaan klarifikasi kepada DJP Kemenkeu terkait dengan adanya dugaan kebocoran data tersebut.

“Berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 71 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PP PSTE) Kementerian Kominfo telah mengirimkan surat permintaan klarifikasi kepada DJP Kementerian Keuangan pada 18 September 2024 terkait dengan dugaan terjadinya kebocoran data pribadi” kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo, Prabu Revolusi dalam keterangan tertulis, Minggu (22/9/2024).

Terkait dengan penyelidikan dugaan kebocoran data tersebut, Kominfo menyatakan bahwa sampai saat ini pihaknya terus berkoordinasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Kepolisian RI, serta pihak terkait, yaitu DJP Kemenkeu untuk menindaklanjuti dugaan tersebut.

“Saat ini Kementerian Kominfo sedang menindaklanjuti dan terus berkoordinasi secara intensif bersama BSSN, DJP Kementerian Keuangan, dan Kepolisian RI” ujarnya.